6 Cara Menghemat Kuota Internet Android

Kompas.com - 11/05/2016, 19:20 WIB
Boneka Maskot Android (http://pixabay.com/p-199225/) Andrekheren via PixabayBoneka Maskot Android (http://pixabay.com/p-199225/)
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Kehabisan paket data di saat genting adalah momok bagi para pengguna smartphone modern. Yang menyebalkan, kuota internet acapkali terpakai tanpa disadari, misalnya karena disedot oleh aplikasi di latar belakang.

Selain aktif menghindari konten berukuran besar saat tidak tersambung dengan Wi-Fi, ada beberapa cara lain yang bisa dicoba untuk menghemat pemakaian data internet di ponsel Android.

Berikut ini 6 di antaranya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Cnet, Rabu (11/5/2016).

Aktifkan data saver pada browser Chrome

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Fitur Data Saver pada Chrome mampu menghemat pemakaian data saat browsingo
Peramban Chrome yang populer punya fitur penghemat daya yang praktis dan bisa diaktifkan dengan mudah, Data Saver namanya.

Untuk menyalakan Data Saver, pengguna cukup membuka Chrome, lalu pergi ke menu Settings > data saver.

Begitu dinyalakan, fitur ini akan menjalankan kompresi untuk mengurangi ukuran gambar dan situs web yang dibuka di peramban.

Sebuah grafik turut memperlihatkan berapa besar penghematan data yang dihasilkan oleh Data Saver.

 


Baca: Begini Cara Pakai Aplikasi WhatsApp di PC dan Mac

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X