Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dicoding dan Bekraf Tantang Developer Lokal Pecahkan Masalah Ternak Ayam

Kompas.com - 12/05/2016, 09:33 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Dicoding kembali menantang developer lokal untuk menciptakan solusi atas masalah yang relevan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Kali ini, Dicoding bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menggelar kompetisi bertajuk "Smart Farm IoT Challenge".

Peserta lomba diminta mengimplementasikan Internet of Things alias "IoT" dalam merumuskan solusi.

"Kami ingin membangkitkan inovasi para developer agar dapat menyelesaikan masalah penduduk yang jelas di depan mata," kata Co-founder Dicoding Narendra Wicaksono kepada KompasTekno, Kamis (12/5/2016).

Solusi berbasis IoT bisa dibangun di atas hardware Arduino, Raspberry, Galiloe, dan Edison. Bentuknya bisa berupa aplikasi mobile atau web, dengan menggunakan data dari sensor hardware, kontrol hardware, atau kombinasi keduanya.

Pendaftaran kompetisi ini telah dibuka sejak 23 April lalu, bertepatan dengan pegelaran "IoT Conference 2016" di Bogor. Bagi yang berminat, pendaftaran masih dibuka hingga 19 Mei mendatang.

Kompetisi ini terbuka untuk semua orang. Tak ada batasan usia maupun profesi. Adapun jurinya berasal dari tim Bekraf. Untuk informasi lebih rinci, silakan buka tautan ini.

Mengapa masalah ternak ayam?

Sesuai namanya, ajang tersebut bertujuan memecahkan masalah di sektor peternakan, khususnya peternakan ayam. Pasalnya, proses pemeliharaan ayam ternak dinilai paling sulit dibandingkan hewan ternak lainnya.

Pada fase pertama, pemelihara harus memesan bibit ke mitra. Bibit lalu dipanaskan dengan suhu tertentu, diberi penerangan, dan diberi asupan makanan.

Beberapa masalah yang kerap muncul pada fase ini adalah kontrol suhu manual yang kerap tak akurat, penerangan lampu yang tak stabil, dan pemberian makanan yang sangat tergantung pemelihara.

Selanjutnya, pada fase kedua, pemelihara memberi makan dan mengecek kebersihan kandang ayam ternak. Masalah yang timbul lagi-lagi berkutat pada ketekunan dan konsistensi pemelihara.

Untuk itu, solusi yang dibutuhkan antara lain kandang hijau, pemanas bibit ayam cerdas, lingkungan kandang ayam cerdas, dan alat pakan otomatis.

Dicoding adalah platform yang bertujuan mempertemukan developer dengan pemilik proyek tertentu, sehingga permintaan pasar bisa terpenuhi. Wadah tersebut diluncurkan pada awal 2015 lalu dan mendapat sambutan positif dari berbagai kalangan di industri kreatif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com