Kompas.com - 12/05/2016, 13:08 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Logo baru Instagram menuai banyak cibiran dari netizen yang kurang menyukai rancangannya. Pakar desain Steven Heller pun rupanya punya pendapat senada.

“Seperti semua hal yang sudah familiar, sulit rasanya untuk menerima (logo) yang baru,” ujar Heller sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Business Insider, Kamis (12/5/2016).

“(Logo baru Instagram) Ini sepertinya dibuat seminimal mungkin, dan buat sebagian besar orang peningkatannya tak signifikan,” lanjut Heller mengutarakan kekecewaannya.

Baca: Logo Baru Instagram Banyak Disindir

Instagram bisa dibilang memang merombak total logonya dari bentuk mirip kamera polaroid menjadi jauh lebih sederhana dengan desain flat, outline putih, dan gradasi sejumlah warna.

Perubahan ini boleh dibilang sejalan dengan tampilan sistem operasi iOS dan Android terkini yang mengedepankan desain flat.

Baca: Lahir Baru, Instagram Rombak Logo dan Tampilan

Logo Instagram yang lama menganut konsep skeumorphic (mirip benda di dunia nyata). Perubahan ke tampilan flat rupanya begitu kentara sehingga memicu berbagai reaksi.

Debbie Millman, kepala departemen branding dari School of Visual Arts,  mengatakan logo baru Instagram menghilangkan karakter layanan tersebut.

“Ia kehilangan semua status ikonik dan kini bebentuk tampilan terlalu bergradasi serta tidak bernyawa, seperti redesain lain belakangan ini,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.