Konsol Ini Gabungan PlayStation 4 dan XBox One

Kompas.com - 12/05/2016, 14:36 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com -Fuze, perusahaan game asal China, baru saja merilis sebuah konsol baru bernama Tomahawk F1. Uniknya, konsol tersebut ternyata merupakan gabungan dua produk terpopuler saat ini, yakni Sony PlayStation 4 (PS4) dan Microsoft XBox One.

Gabungan seperti apa? Fuze ternyata merancang desain bodi konsol perangkat ini serupa dengan PS4. Hanya saja, ia dikatakan memiliki dimensi jauh lebih kecil dari konsol buatan Sony itu.

Sementara itu, alat pengendali benar-benar tampak sebagai tiruan controller XBox One.

Kemiripan itu tidak hanya datang dari segi desain saja. Saat dinyalakan, seperti dilansir KompasTekno dari Forbes, Kamis (12/5/2016), Tomahawk F1 akan menampilkan antarmuka yang sangat mirip dengan PS4.

Namun, itu tidak berarti bahwa Tomahawk F1 menjalankan sistem operasi yang sama dengan PS4. Konsol Fuze tersebut dikatakan menjalankan OS buatan Google, yakni Android.

Memiliki kesamaan desain dengan PS4, Tomahawk F1 dikatakan tidak sekuat PS4. Meskipun begitu, tidak diketahui detail spesifikasi yang membekali perangkat ini.

Fuze berusaha merayu gamer China dengan menawarkan 76 judul game yang akan dirilis bersamaan dengan peluncuran perdana perangkat ini di bulan Juni mendatang.

Selain itu, ada 100 judul game yang sedang dikembangkan. Fuze juga mengklaim akan membawa game populer seperti Saint's Row dan Assassin's Creed ke konsol tersebut. Vendor asal China ini juga bekerja sama dengan studio game besar, seperti Koei Tecmo, Ubisoft, Deep Silver, dan lain-lain.   

Warga China bisa membelinya seharga 899 RMB atau setara Rp 1,8 juta. Ada juga versi dengan harddisk 500 GB yang dijual dengan harga 1,499 RMB atau sekitar Rp 3 juta.

Kedua harga yang jauh lebih murah ketimbang salah satu konsol yang ditirunya. PS4 saja bisa dijual dengan harga Rp 4,8 juta di Indonesia.

Bila Anda sangat nyaman memakai controller milik XBox One dan ingin memainkannya di PS4, barangkali Tomahawk F1 ini solusinya. Minimal Anda bisa mendapatkan desain kedua konsol tersebut dalam satu kemasan.

Sayangnya, tampaknya Fuze Tomahawk F1 tidak akan dijual di luar China.

Lebih lanjut, berikut ini beberapa foto Fuze Tomahawk F1 dari acara peluncuran di  Beijing dan seorang pengguna yang telah membelinya.

Kotaku Tampilan UI Tomahawk F1 yang identik dengan UI Sony PlayStation 4

God Kitty Tampilan konsol Fuze Tomahawk F1 yang difoto oleh pembeli

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.