Kompas.com - 13/05/2016, 11:16 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Android semakin mendominasi pasaran smartphone. Laporan lembaga riset Kantar Worldpanel Comtech menunjukkan platform robot hijau itu mengalami peningkatan pangsa pasar di wilayah AS, Eropa, dan China.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Cnet, Jumat (13/5/2016), dalam kuartal pertama 2016 yang berakhir pada Maret lalu, data Kantar menunjukkan pangsa pasar smartphone Android di AS mengalami kenaikan year-over-year sebesar 7,3 persen menjadi 65,5 persen.

Di China, “kue” Android di pasaran smartphone naik 5,9 persen menjadi 77 persen. Sementara, di lima negara Eropa, yakni Inggris, Jerman, Perancis, Italia, dan Spanyol, tercatat kenaikan 7,1 persen menjadi 75,6 persen.

“Ini merupakan peningkatan terbesar Android di ke-5 negara Eropa dalam waktu dua tahun terakhir,” ujar analis mobile Kantar, Lauren Guenveur, dalam laporan lembaga tersebut.

Pertumbuhan Android di AS dan Inggris didorong oleh Samsung yang tetap bercokol di urutan teratas pabrikan Android terbesar. Merek-merek lain seperti Motorola dan LG turut memberikan kontribusi.

iPhone malah turun

Hal sebaliknya terjadi pada iPhone. Market share ponsel pintar besutan Apple ini mengalami penurunan sebesar 4,9 persen menjadi 31,6 persen di AS.

Di lima negara Eropa seperti tersebut di atas, pangsa iPhone menyusut 1,2 persen menjadi 18,9 persen. Adapun pasaran China mencatat penurunan pangsa pasar iPhone sebesar 5 persen menjadi 21,1 persen.

Namun, selepas kuartal pertama, Apple telah mengeluarkan “senjata” baru bernama iPhone SE, ponsel 4 inci dengan "jeroan" serupa iPhone 6S yang dibanderol lebih terjangkau. Produk ini diprediksi bisa menggoyang dominasi Android.

“Pangsa pasar Android dapat terpengaruh secara negatif oleh tingginya angka permintaan terhadap iPhone SE,” kata Guenveur. “Penjualan iPhone SE terutama bakal berperan penting di China, di mana pemain terbesar ditentukan oleh sukses di segmen menengah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNET


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.