Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan PC Sentuh Titik Terendah

Kompas.com - 13/05/2016, 14:31 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber PCMagazine

KOMPAS.com - Industri PC sedang lesu. Laporan kuartal pertama 2016 menunjukan jumlah penjualan PC terendah sejak 2011 lalu.

Berdasarkan laporan yang dilansir lembaga Canalys, hanya 101 juta PC (desktop, notebook, tablet) yang terjual selama periode Januari hingga Maret 2016. Angka itu mencatat penurunan penjualan 13 persen dari tahun ke tahun.

"Ini awal tahun yang buruk bagi pasar PC global. Sulit untuk melihat sisi terang pada kuartal-kuartal berikutnya," kata analis senior dari firma Canalys, Tim Coulling, sebagaimana dilaporkan PCMag dan dihimpun KompasTekno, Jumat (13/5/2016).

Apple masih mendominasi pasar PC dengan mengapalkan 14 juta unit pada kuartal ini. Jumlah itu menurun 17 persen dibandingkan pengapalan pada kuartal pertama 2015.

Di posisi kedua, Lenovo mengukuhkan diri dengan menjual lebih dari 13 juta PC. Pabrikan China tersebut kalah sekitar 25.000 unit dibandingkan Apple.

PCMag Grafis penurunan penjualan PC dari tiap vendor

Selanjutnya, HP menempati peringkat ketiga, diikuti Dell dan Samsung pada posisi keempat dan kelima. Penurunan penjualan paling signifikan dialami Samsung, yakni dari sembilan jutaan unit menjadi tujuh jutaan unit.

Di antara semua jenis desktop, hanya tablet hibrida alias 2-in-1 yang menunjukan pertumbuhan minat pasar. Dibandingkan tahun sebelumnya, penjualan perangkat tersebut naik 13 persen.

Sementara penjualan paling anjlok terlihat pada kategori tablet standar yang menurun 15 persen. Menurut Coulling, satu-satunya jalan untuk memacu minat pasar adalah inovasi yang benar-benar beda.

"Vendor harus meningkatkan level permainan PC dan membawa inovasi yang benar-benat beda ke pasar," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PCMagazine

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com