Kompas.com - 15/05/2016, 10:46 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Sebagian orang beranggapan bahwa logo baru Instagram mengecewakan. Mereka justru ingin kembali memakai logo lama yang masih berdesain skeumorphic (mirip dengan obyek di dunia nyata).

Keinginan tersebut bisa saja terwujud. Tentu saja menggunakan cara alternatif, salah satunya dengan memakai trik buatan desainer user experience (UX) Juan Ramirez.

Baca: Logo Baru Instagram Banyak Disindir

Trik ini hanya berfungsi pada aplikasi Instagram di sistem operasi iOS buatan Apple. Tenang saja, karena Anda tidak perlu melakukan jailbreak demi bisa memakai trik ini, cukup ikuti panduan singkat ini saja.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari BGR, Sabtu (14/5/2016), iOS memiliki fitur untuk menyematkan halaman web sebagai sebuah tombol pemintas. Trik dari Ramirez mengandalkan fitur ini.

Pertama, pengguna sebaiknya menyembunyikan ikon Instagram baru ke dalam sebuah folder. Simpan di folder yang berlapis, sehingga ikon yang tak Anda suka itu benar-benar terkubur dan tak terlihat.

Selanjutnya, klik link ini dan buka menggunakan browser Safari pada iPhone milik Anda. Sentuh tombol Share dan pilih tab bertuliskan “Add to homescreen”.

Baca: Ahli Desain Pun Kecewa dengan Logo Baru Instagram

Setelah itu, Anda akan menemukan ikon lama Instagram di bagian homescreen. Ikon ini berfungsi sebagai pemintas saja. Ketika diklik, maka Anda akan diarahkan ke aplikasi Instagram.

Dengan cara demikian, ikon lama Anda akan kembali dan bisa berfungsi normal. Satu hal yang perlu dicatat, cara ini tidak lantas menghapus ikon baru. Ketika ada notifikasi masuk, maka yang akan ditampilkan tetap ikon milik aplikasi Instagram terbaru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber bgr

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.