Kompas.com - 16/05/2016, 11:10 WIB
Mozilla memblokir plug-in Flash dalam browser-nya, Firefox. MozillaMozilla memblokir plug-in Flash dalam browser-nya, Firefox.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Google kembali mengumumkan langkah untuk mengenyahkan Flash dari internet. Raksasa internet tersebut berencana memblokir sebagian besar konten Flash dari peramban Chrom besutannya mulai akhir tahun ini.

Nantinya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Senin (16/5/2016), Chrome secara default tidak akan menayangkan konten flash dari situs web yang dikunjungi pengguna.

Kalaupun Flash terpasang dalam browser, Chrome tidak akan menampilkan prompt untuk mengaktifkan plug-in tersebut. Sebagai gantinya, pengguna bakal dirujuk untuk menjalankan player HTML5 yang baru.

Namun, Google memberikan pengecualian untuk 10 situs populer yang masih banyak bergantung dari plug-in Flash, antara lain YouTube, Facebook, Twitch, Yahoo, dan Amazon.

Versi Chrome saat ini sebenarnya sudah memblokir Flash secara default, tapi masih tetap menampilkan prompt untuk mengaktifkan plug-in tersebut untuk tiap situs yang dikunjungi.

Flash adalah platform multimedia dan software yang banyak dipakai untuk menampikan aneka konten di situs internet, mulai dari animasi hingga browser game.

Namun, Flash banyak mendapat sorotan negatif karena boros daya dan seringkali menimbulkan celah keamanan walupun berulang kali diperbarui.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sang pembuat Flash sendiri, Adobe, telah menganjurkan developer web agar tidak menggunakan tool tersebut. Fungsi Flash saat ini sudah bisa digantikan oleh HTML5.

Meski begitu, kontek yang kompleks seperti game berbasis browser tidak bisa serta merta dikonversi HTML5. Karena itu agaknya masih butuh waktu sebelum Flash bisa benar-benar dienyahkan dari internet.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X