PlayStation 4 Versi Lebih Bertenaga Meluncur September?

Kompas.com - 16/05/2016, 12:34 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Sony ramai dikabarkan tengah mempersiapkan kehadiran konsol game PlayStation 4 (PS4) versi baru yang lebih bertenaga.

Kini, informasi terbaru yang dihimpun KompasTekno dari Guru3D, Senin (16/5/2016) menyebutkan bahwa perangkat tersebut dijadwalkan meluncur pada bulan September mendatang, tepatnya pada ajang Tokyo Game Show.

Nama konsol game ini masih belum diketahui pasti. Ada yang meyebutnya sebagai “PS4 Neo”, sebagian pihak memanggilnya “PS4K” atau “PS4,5”.

Manapun sebutan yang benar, konsol playstation versi baru itu agaknya bakal mengusung pembaruan berupa pengolah grafis (GPU) berbasis chip dari keluarga Polaris besutan AMD.

Chip GPU yang bersangkutan memiliki stream processor sebanyak 2.304 buah atau dua kali lebih banyak dibandingkan GPU pada PS4 versi “reguler” yang tersedia saat ini.

GPU ini tergabung dalam satu rangkaian System-on-Chip (SoC) yang turut berisi CPU Jaguar 8-core, juga dari AMD.

Kecepatan CPU tersebut kabarnya turut didongkrak dari 1,6 GHz pada PS4 menjadi 2,1 GHz pada PS4 Neo.

Walhasil, PS4 Neo bakal lebih kencang dibandingkan PS4 reguler, cukup untuk menjalankan game dalam resolusi 4K/ Ultra-HD dengan mulus. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Guru3D
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.