Kompas.com - 17/05/2016, 06:50 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Akhir Februari lalu, bertepatan dengan ajang MWC 2016, Sony mengumumkan tak akan lagi melanjutkan produksi lini Xperia Z. Sebagai gantinya, Sony fokus menggarap seri Xperia X.

Ternyata nasib serupa juga menimpa Xperia C, M, dan E. Dalam kurun waktu hingga 2018 mendatang, Sony bakal menyetop pemasaran ketiga lini tersebut.

Baca: Sony Pastikan Kematian Xperia Z

Nantinya, hanya Xperia X yang bakal jadi perwakilan produk smartphone Sony. Setidaknya itu yang tertera pada foto slide presentasi Sony Mobile yang tersebar, sebagaimana dilaporkan SlashGear dan dihimpun KompasTekno, Selasa (17/5/2016).

Diketahui, Xperia Z menyasar kelas menengah ke atas, sedangkan Xperia C, M, dan E cenderung ditujukan bagi kelas menengah ke bawah.

Produk-produk Xperia C, M, dan E kerap kali fokus pada satu kelebihan saja. Misalnya, ada yang kuat pada kemampuan tahan air alias waterproof saja, ada pula yang hanya kuat di sisi baterai.

Tak dibeberkan alasan detail mengapa Sony ingin memberhentikan lini-lini Xperia selain seri X. Disinyalir, ini adalah strategi bisnis Sony untuk menghemat biaya produksi.

Selain itu, Xperia X juga diproyeksikan sebagai smartphone yang inovatif dan lekat dengan implementasi Internet of Things.

Namun, pertanyaan besarnya, bagaimana dengan nasib pasar yang disasar Xperia C, M, dan E? Jika Xperia X diposisikan mengganti flagship Xperia Z, artinya Sony benar-benar hendak melepas pasar kelas bawah. Benar atau tidaknya bisa dilihat pada 2018 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber SlashGear
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.