Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Bakal "Matikan" Xperia C, M, dan E?

Kompas.com - 17/05/2016, 06:50 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber SlashGear

KOMPAS.com - Akhir Februari lalu, bertepatan dengan ajang MWC 2016, Sony mengumumkan tak akan lagi melanjutkan produksi lini Xperia Z. Sebagai gantinya, Sony fokus menggarap seri Xperia X.

Ternyata nasib serupa juga menimpa Xperia C, M, dan E. Dalam kurun waktu hingga 2018 mendatang, Sony bakal menyetop pemasaran ketiga lini tersebut.

Baca: Sony Pastikan Kematian Xperia Z

Nantinya, hanya Xperia X yang bakal jadi perwakilan produk smartphone Sony. Setidaknya itu yang tertera pada foto slide presentasi Sony Mobile yang tersebar, sebagaimana dilaporkan SlashGear dan dihimpun KompasTekno, Selasa (17/5/2016).

Diketahui, Xperia Z menyasar kelas menengah ke atas, sedangkan Xperia C, M, dan E cenderung ditujukan bagi kelas menengah ke bawah.

Produk-produk Xperia C, M, dan E kerap kali fokus pada satu kelebihan saja. Misalnya, ada yang kuat pada kemampuan tahan air alias waterproof saja, ada pula yang hanya kuat di sisi baterai.

Tak dibeberkan alasan detail mengapa Sony ingin memberhentikan lini-lini Xperia selain seri X. Disinyalir, ini adalah strategi bisnis Sony untuk menghemat biaya produksi.

Selain itu, Xperia X juga diproyeksikan sebagai smartphone yang inovatif dan lekat dengan implementasi Internet of Things.

Namun, pertanyaan besarnya, bagaimana dengan nasib pasar yang disasar Xperia C, M, dan E? Jika Xperia X diposisikan mengganti flagship Xperia Z, artinya Sony benar-benar hendak melepas pasar kelas bawah. Benar atau tidaknya bisa dilihat pada 2018 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SlashGear
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com