Kompas.com - 17/05/2016, 07:45 WIB
Paten Samsung untuk menumpas masalah layar kecil smartwatch SlashGearPaten Samsung untuk menumpas masalah layar kecil smartwatch
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Salah satu kekurangan smartwatch adalah layar yang kecil. Alhasil, pengguna tak bisa luwes menjajal aplikasi atau berinteraksi dengan antarmuka perangkat.

Samsung ingin menumpas kelemahan tersebut, tanpa harus menciptakan smartwatch berlayar raksasa. Pabrikan Korea Selatan itu baru saja mendaftarkan sebuah paten inovatif.

Paten tersebut menyematkan fitur proyektor yang berfungsi memancarkan layar tambahan ke tangan pengguna, sebagaimana dilaporkan SlashGear dan dihimpun KompasTekno, Selasa (17/5/2016).

Uniknya, layar tambahan di bagian tangan tersebut bisa dioperasikan dengan jari pengguna, layaknya layar biasa.

Proyektor bakal dihubungkan dengan sebuah kamera dan sensor lainnya yang bisa mendeteksi jari pengguna. Maka, untuk beberapa keperluan, pengguna tak perlu kesulitan menavigasikan smartwatch lewat layar yang sempit.

Pengguna hanya perlu menekan tombol tertentu yang dipantulkan proyektor ke tangan. Selanjutnya, smartwatch akan mengerjakan perintah pengguna.

Konsep ini diklaim mampu meningkatkan fungsi smartwatch. Jika terealisasi, pengguna dapat mengetik pesan, membalas e-mail, dan melakukan fungsi-fungsi lainnya yang kurang lebih mirip dengan smartphone.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain untuk lini smartwatch, teknologi proyektor Samsung juga bisa diimplementasikan pada perangkat realitas virtual (VR). Namun, belum jelas kapan Samsung akan mengambil langkah konkrit untuk mewujudkan paten tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Slashgear

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.