Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Mau Jadikan Tangan Sebagai Layar "Smartwatch"

Kompas.com - 17/05/2016, 07:45 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Slashgear

KOMPAS.com - Salah satu kekurangan smartwatch adalah layar yang kecil. Alhasil, pengguna tak bisa luwes menjajal aplikasi atau berinteraksi dengan antarmuka perangkat.

Samsung ingin menumpas kelemahan tersebut, tanpa harus menciptakan smartwatch berlayar raksasa. Pabrikan Korea Selatan itu baru saja mendaftarkan sebuah paten inovatif.

Paten tersebut menyematkan fitur proyektor yang berfungsi memancarkan layar tambahan ke tangan pengguna, sebagaimana dilaporkan SlashGear dan dihimpun KompasTekno, Selasa (17/5/2016).

Uniknya, layar tambahan di bagian tangan tersebut bisa dioperasikan dengan jari pengguna, layaknya layar biasa.

Proyektor bakal dihubungkan dengan sebuah kamera dan sensor lainnya yang bisa mendeteksi jari pengguna. Maka, untuk beberapa keperluan, pengguna tak perlu kesulitan menavigasikan smartwatch lewat layar yang sempit.

Pengguna hanya perlu menekan tombol tertentu yang dipantulkan proyektor ke tangan. Selanjutnya, smartwatch akan mengerjakan perintah pengguna.

Konsep ini diklaim mampu meningkatkan fungsi smartwatch. Jika terealisasi, pengguna dapat mengetik pesan, membalas e-mail, dan melakukan fungsi-fungsi lainnya yang kurang lebih mirip dengan smartphone.

Selain untuk lini smartwatch, teknologi proyektor Samsung juga bisa diimplementasikan pada perangkat realitas virtual (VR). Namun, belum jelas kapan Samsung akan mengambil langkah konkrit untuk mewujudkan paten tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Slashgear

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com