Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google IO: Sebuah Festival, Sebuah Perayaan

Kompas.com - 17/05/2016, 11:03 WIB

KOMPAS.com - Penghujung pekan ini, 18-20 Mei 2016, Google akan menggelar acara tahunan bertajuk I/O. Bukan sekadar konferensi, I/O rupanya bakal menjadi sebuah festival.

Tahun-tahun sebelumnya, I/O diadakan di Moscone Center, San Francisco. Sebuah area konferensi besar bertingkat yang ada di pusat kota San Francisco. Gedung ini bisa diibaratkan Jakarta Convention Center (JCC) -- meskipun ukuran dan kemegahannya memang berbeda.

Maksudnya, mirip seperti JCC di Jakarta, Moscone menjadi langganan banyak sekali event di kota itu. Selain Google, nama-nama besar seperti Intel, Microsoft atau Apple juga pernah mengadakan acara besar di gedung tersebut.

Tapi tahun ini ada yang berbeda, Google memindahkan I/O keluar dari San Francisco. Gelaran kali ini diadakan di “halaman belakang” Google. Sebuah area bernama Shoreline Amphitheater di Mountain View.

Menariknya, Shoreline Amphitheater tidak punya sejarah sebagai ajang acara teknologi besar-besaran. Tempat ini lebih terkemuka sebagai lokasi konser musik dengan nama-nama legendaris seperti The Grateful Dead atau Bee Gees pernah mengadakan pertunjukan di sana.

Bahkan, area panggung utama jika dilihat dari ketinggian memang dirancang untuk mirip dengan logo “steal your face” dari grup musik legendaris The Grateful Dead.

Festival Teknologi  

Google rupanya hendak menggusur anggapan lawas tentang konferensi teknologi sebagai sesuatu yang membosankan dan identik dengan terkungkung di dalam bangunan selama berjam-jam.

Lokasi yang dipilih untuk I/O 2016 lebih cocok untuk sebuah festival musik. Yeah, mungkin ala-ala Coachella, Lolapalooza atau Woodstock lah. Atau, yang lebih dekat dengan Google dan  penghuni Silicon Valley lainnya: Burning Man.  

Boleh diduga, Google hendak menghadirkan energi yang serupa dengan festival-festival tersebut ke gelaran teknologi.  

Fakta menarik soal Burning Man, selama beberapa waktu pada 1998 Google mencantumkan gambar stick man di balik logonya sebagai pengumuman bahwa Larry Page dan Sergey Brin sedang mengunjungi festival Burning Man.

Oke, kembali ke I/O, kira-kira apa sih yang hendak dipertontonkan Google di I/O kali ini?

Di satu sisi, ada yang sudah bisa diduga. Misalnya, Google biasa memperkenalkan sesuatu terkait sistem operasi Android di I/O. Tahun ini adalah giliran sistem operasi Android N.

Di sisi lain, dengan format festival ini, Google bisa saja akan menghadirkan beberapa kejutan. Area yang luas dan terbuka mungkin akan dimanfaatkan untuk mendemonstrasikan sesuatu yang cool.

Misalnya, sejauh ini Google telah banyak menunjukkan keinginan mereka untuk tampil sebagai yang terdepan dalam hal machine learning. Lihat saja Alphago, sebuah kecerdasan buatan dari Google Deepmind yang telah mengalahkan pemain game Go terbaik dunia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com