Google IO: Sebuah Festival, Sebuah Perayaan

Kompas.com - 17/05/2016, 11:03 WIB
Google I/O. ist.Google I/O.
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Penghujung pekan ini, 18-20 Mei 2016, Google akan menggelar acara tahunan bertajuk I/O. Bukan sekadar konferensi, I/O rupanya bakal menjadi sebuah festival.

Tahun-tahun sebelumnya, I/O diadakan di Moscone Center, San Francisco. Sebuah area konferensi besar bertingkat yang ada di pusat kota San Francisco. Gedung ini bisa diibaratkan Jakarta Convention Center (JCC) -- meskipun ukuran dan kemegahannya memang berbeda.

Maksudnya, mirip seperti JCC di Jakarta, Moscone menjadi langganan banyak sekali event di kota itu. Selain Google, nama-nama besar seperti Intel, Microsoft atau Apple juga pernah mengadakan acara besar di gedung tersebut.

Tapi tahun ini ada yang berbeda, Google memindahkan I/O keluar dari San Francisco. Gelaran kali ini diadakan di “halaman belakang” Google. Sebuah area bernama Shoreline Amphitheater di Mountain View.

Menariknya, Shoreline Amphitheater tidak punya sejarah sebagai ajang acara teknologi besar-besaran. Tempat ini lebih terkemuka sebagai lokasi konser musik dengan nama-nama legendaris seperti The Grateful Dead atau Bee Gees pernah mengadakan pertunjukan di sana.

Bahkan, area panggung utama jika dilihat dari ketinggian memang dirancang untuk mirip dengan logo “steal your face” dari grup musik legendaris The Grateful Dead.

Festival Teknologi  

Google rupanya hendak menggusur anggapan lawas tentang konferensi teknologi sebagai sesuatu yang membosankan dan identik dengan terkungkung di dalam bangunan selama berjam-jam.

Lokasi yang dipilih untuk I/O 2016 lebih cocok untuk sebuah festival musik. Yeah, mungkin ala-ala Coachella, Lolapalooza atau Woodstock lah. Atau, yang lebih dekat dengan Google dan  penghuni Silicon Valley lainnya: Burning Man.  

Boleh diduga, Google hendak menghadirkan energi yang serupa dengan festival-festival tersebut ke gelaran teknologi.  

Fakta menarik soal Burning Man, selama beberapa waktu pada 1998 Google mencantumkan gambar stick man di balik logonya sebagai pengumuman bahwa Larry Page dan Sergey Brin sedang mengunjungi festival Burning Man.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X