Kompas.com - 17/05/2016, 12:35 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Apple resmi merilis iOS 9.3.2. Sayangnya, sistem operasi tersebut justru membuat kesal para pengguna iPad Pro. Mereka merasa terjebak dan berbondong-bondong mengeluh ke akun Twitter @AppleSupport.

Pasalnya, iOS 9.3.2 ternyata mengunci beberapa iPad Pro. Setelah menginstal sistem operasi itu dan memulai kembali (restart) perangkat, pengguna dihadapkan pada kode 'Error 56'.

Kode tersebut meminta pengguna mengoneksikan perangkat ke iTunes. Masalahnya, pengguna tak bisa melakukan perintah itu, sebagaimana dilaporkan Forbes dan dihimpun KompasTekno, Selasa (17/5/2016).

Perangkat benar-benar terkunci. Jika dimatikan paksa dan dinyalakan kembali, pengguna tetap menemui kode error yang sama.

Setelah ditelisik pada panduan kode Apple, Error 56 didefinisikan sebagai masalah yang menyerang hardware.

Namun, jika kode tersebut muncul setelah menginstal sistem operasi, rasanya penjelasan tersebut tak masuk akal. Sistem operasi jelas merupakan bagian dari software, bukan hardware.

Masalah ini paling banyak menjangkiti iPad Pro 9.7. Meski begitu, tak sedikit pula iPad Pro 12.7 yang terkena imbas.

Kabar baiknya, tak ada keluhan yang datang dari pengguna iPhone. Sebaliknya, beberapa pengguna iPhone justru memuji sistem operas termutakhir dari Apple ini.

Hingga kini Apple belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait masalah yang ditimbulkan iOS 9.3.2 pada lini iPad Pro. Untuk menghindari risiko, sebaiknya pengguna iPad Pro jangan dulu memperbarui sistem operasinya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Forbes

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.