Facebook Live Tumbang Saat Siarkan Presiden Obama

Kompas.com - 17/05/2016, 14:25 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Senin (16/5/2016) kemarin, Facebook menyiarkan sebuah event penting, yakni wawancara bertema politik dalam negeri dengan Presiden AS, Barack Obama di Gedung Putih, Washington DC.

Tayangan high-profile yang disiarkan langsung lewat layanan live streaming Facebook Live itu dipandu oleh Legal Editor Buzzfeed, Chris Geidner, sebagai interviewer.

Sayang, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Mashable, Selasa (17/5/2016), belum lagi acara dimulai, Facebook Live tiba-tiba tumbang (crash) dan ngadat. Tayangan berhenti mendadak sebelum Obama sempat tampil.

Banjir keluhan pun mengemuka dari penonon. Buzzfeed terpaksa mengarahkan audiens ke live streaming YouTube lewat tautan di kolom komentar Facebook Live untuk melanjutkan  tayangan langsung.

Ironisnya, Facebook Live merupakan platform tayangan langsung yang digadang-gadang menjadi pesaing kuat layanan sejenis dari YouTube, juga live streaming mobile seperti Periscope dan Meerkat, tapi malah tumbang di saat genting.

Facebook gencar mempromosikan layanan streaming barunya, termasuk dengan membayar sejumlah outlet media agar memperbanyak konten yang disiarkan lewat Live.

Masih belum diketahui penyebab pasti di balik tumbangnya layanan Facebook Live, apakah karena kendala teknis atau soal lain.

Di samping crash, tayangan langsung ini juga dirundung masalah lain berupa angle kamera yang tidak tepat sehingga kepala Geidner dan Obama berada di luar frame ketika kedua orang itu bangkit untuk bersalaman.

Rekaman wawancara itu kini sudah tersedia dan bisa disaksikan di bawah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Mashable


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.