Kompas.com - 18/05/2016, 06:49 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Google mulai menyisipkan iklan suatu barang di halaman pencarian gambar di Search. Ke depannya, saat mencari gambar barang tertentu, pengguna juga bakal disodorkan informasi harga dan referensi tempat membelinya, mirip halaman toko jual beli online.

Inisiatif ini ditujukan untuk memudahkan pengguna membeli barang yang diinginkan. Pasalnya, antarmuka pencarian gambar akan langsung menampilkan harga dan merchant yang menjual barang.

Cukup tekan tautan di bawah gambar, lalu Google akan membawa pengguna langsung ke situs merchant untuk melihat lebih banyak barang terkait.

DigitalTrends Google sisipkan iklan pada pencarian gambar

"Mau mencari sofa baru atau perhiasan, orang-orang cukup belanja lewat smartphone mereka," kata perwakilan tim Google Shopping Jonathan Alferness, sebagaimana dilaporkan DigitalTrends dan dihimpun KompasTekno, Rabu (18/5/2016).

Google mengklaim sistem iklan pada platform-nya menguntungkan semua pihak. Pengguna lebih mudah membeli barang, pedagang lebih gampang menjual, dan Google sebagai wadah juga mendapat komisi.

Sebelumnya, iklan di mesin pencari hanya tertera pada tab 'All' dan tab 'Shopping'. Menurut Google, keterlibatan tab 'Images' akan menambah pilihan cara beriklan.

Untuk sementara, karena masih dalam masa uji coba, kemampuan ini masih eksklusif terbatas bagi beberapa pengguna aplikasi mobile Google. Dalam waktu dekat, kemampuan serupa juga bakal diboyong untuk layanan Google Search di desktop.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.