Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Siswa "Nyontek", Internet Irak Dimatikan?

Kompas.com - 18/05/2016, 12:41 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Demi mencegah siswa sekolah mencontek jawaban, pemerintah Irak disinyalir melakukan langkah ekstrim, yakni sengaja memblokir jaringan internet di negerinya.

Dugaan ini dikemukakan oleh DYN Research, sebuah firma yang melacak ketersediaan internet di seluruh dunia, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Rabu (18/5/2016).

Data DYN menunjukkan bahwa akses internet di Irak hampir sepenuhnya diblokir selama tiga jam pada Sabtu, Minggu, dan Senin pekan ini, antara pukul 5 pagi hingga 8 pagi waktu setempat.

Waktu pemblokiran itu bertepatan dengan jadwal ujian akhir untuk siswa kelas enam. Hal yang sama pernah terjadi sekitar pertengahan tahun lalu, juga sesuai dengan jadwal ujian siswa.

“Ada banyak yang skeptis dengan penjelasan ini tahun lalu. Tapi, tumbangnya internet memang bertepatan dengan ujian dan tidak ada keterangan lain yang bisa membantah,” ujar direktur analisis internet DYN, Doug Madory.


Kementerian Komunikasi Irak belum berkomentar mengenai tumbangnya jaringan internet yang sepertinya disengaja itu.

Namun, salah satu penyedia akses internet (ISP) di negeri tersebut sempat melayangkan surat pemberitahuan pelanggan soal kemungkinan tumbangnya layanan pada minggu ini, sambil merujuk pada perintah dari kementerian.

Sebelumnya, pemerintah Irak diketahui pernah memblokir akses internet dan media sosial untuk alasan berbeda, yakni membatasi komunikasi kelompok teroris Negera Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Selain Irak, negara lain yang diketahui mematikan akses internet untuk mencegah siswa nyontek saat ujian adalah Uzbekistan dan negara bagian Gujarat di India.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com