Kompas.com - 18/05/2016, 15:19 WIB
Menkominfo Rudiantara di acara Indonesia LTE Conference 2016 di Jakarta, Rabu (18/5/2016). Yoga Hastyadi Widiartanto/KompasTeknoMenkominfo Rudiantara di acara Indonesia LTE Conference 2016 di Jakarta, Rabu (18/5/2016).
|
EditorReska K. Nistanto
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara kembali menekankan rencananya untuk mendorong konsolidasi antar-operator
 
"Saya pakai baju begini (jas dan peci) mirip yang mengawin-ngawinkan itu, mirip penghulu. Ya, mudah-mudahan saya juga bisa jadi 'penghulu' kalau ada operator yang ingin konsolidasi," ujarnya seraya bercanda di acara Indonesia LTE Conference 2016, Rabu (18/5/2016) di Jakarta.
 
Pernyataan Rudiantara itu disambut oleh tepuk tangan dan tawa oleh peserta konferensi yang di antaranya adalah bos-bos perusahaan telekomunikasi di Indonesia, seperti CEO XL Axiata, Dian Siswarini; CEO Smartfren, Merza Fachys; Vice President Director Hutchison Tri Indonesia (Tri), Danny Buldansyah; CTO Indosat, John Martin Thompson; serta Vice President Technology and System Telkomsel, Ivan Permana.
 
Meskipun seolah melontarkan canda, Rudiantara memang memiliki wacana agar konsolidasi antar-operator ini terwujud.
 
Seperti diketahui, Indonesia memiliki total enam operator telekomunikasi seluler. Mereka adalah Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Hutchison Tri, Telkom, dan Smartfren.
 
Sementara itu, Esia yang sudah tidak memberikan layanan telekomunikasi juga bekerja sama dengan Smartfren dalam hal pengelolaan serta pemanfaatan frekuensi yang sebelumnya dipakai untuk memberikan layanan CDMA.

Salah satu alasan perlunya konsolidasi adalah agar tiap-tiap operator berhenti perang harga dan memerhatikan peningkatan kualitas layanan mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.