Kompas.com - 18/05/2016, 18:42 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator telekomunikasi makin gencar mendorong masyarakat untuk beralih dari pemakaian jaringan 2G dan 3G ke 4G LTE. Hingga kini, sudah ada tiga operator yang meluncurkan paket khusus untuk meningkatkan implementasi internet cepat.

Indosat bisa dibilang sebagai inisiatornya dengan meluncurkan paket "Freedom Combo" pada Januari 2016 lalu menyusul kemudian Smartfren.

Kini, XL pun turut meluncurkan paket serupa tapi tak sama yang dinamai "Combo Xtra". Meski Indosat lebih dahulu meluncurkan paket untuk pelanggan 4G, XL enggan disebut mengekor operator yang khas dengan warna kuning itu.

Ditemui di sela acara peluncuran paket Combo Xtra di Jakarta, Rabu (18/5/2016), VP XL Central Region Jabodetabek, Bambang Parikesit mengatakan paket yang ditawarkan XL lebih menarik.

"Bukan mirip, kami jauh lebih bagus," kata Bambang singkat.

Untuk membuktikan klaim Bambang, KompasTekno merangkum paket data 4G dari tiga operator, XL, Indosat dan Smartfren dan membandingkan paket termahal yang ditawarkan kedua operator, kemudian membagi harga paket dengan jumlah data yang ditawarkan untuk mengetahui harga per GB-nya.

Paket XL

Untuk paket XL Xtra Combo, paket termahal adalah senilai Rp 239.000 dengan kuota internet 16 GB di jaringan 2G/3G/4G, dan bonus kuota tambahan 40 GB pada jaringan 4G (total paket data 56 GB).

Dengan demikian, pelanggan XL membayar sekitar Rp 4.300 untuk per GB data yang dinikmatinya.

XL juga memberikan bonus berupa telepon gratis 150 menit ke semua operator.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.