Kompas.com - 19/05/2016, 06:59 WIB
EditorDeliusno

MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com - Google I/O 2016 diadakan di Shoreline Amphiteater, Mountain View, California, AS. Tidak seperti acara sebelumnya, kali ini Google boleh dibilang sukses membangun suasana festival dan bukan konferensi yang membosankan.

Wartawan KompasTekno, Wicak Hidayat, melaporkan langsung dari tempat acara berlangsung.

Cuaca Mountain View di hari pelaksanaan pun sangat mendukung, dengan matahari yang bersinar terang dan suhu yang boleh dbilang termasuk panas untuk ukuran AS, di kisaran 22-25 derajat Celcius pada pagi hari saat keynote berlangsung.

Baca: Google IO: Sebuah Festival, Sebuah Perayaan

Dalam keynote-nya, CEO Google Sundar Pichai, mengumumkan produk terbaru Google bernama Google Assistant. Layanan terbaru dari Google ini agaknya mengembangkan fitur yang selama ini ada di Google Now dan biasa dipanggil dengan frasa "Ok, Google."

Google Assistant akan memiliki kemampuan percakapan. Sundar menyebutnya sebagai layanan yang memungkinkan dialog dua arah dengan Google.

Ia mencontohkan, jika bertanya ke Google Assistant dengan kata-kata seperti "what's playing tonight?" (ada film apa yang diputar malam ini?) ia bisa segera memberikan jawaban rekomendasi tiga film yang kira-kira akan disukai penggunanya.

Tapi lebih dari itu, pengguna kemudian bisa langsung menjawab: "Tapi, saya mau ajak anak-anak" dan Google Assistant bisa mengubah rekomendasinya menjadi film-film keluarga.

Lalu, Sundar mencontohkan bahwa pengguna bisa langsung minta dipesankan tiket dan mengonfirmasi pesanannya bagai berbincang dengan manusia lain, bukan dengan mesin.

Dua Aplikasi Baru

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.