Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Perkenalkan Perangkat dan Aplikasi Baru di IO 2016

Kompas.com - 19/05/2016, 06:59 WIB

MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com - Google I/O 2016 diadakan di Shoreline Amphiteater, Mountain View, California, AS. Tidak seperti acara sebelumnya, kali ini Google boleh dibilang sukses membangun suasana festival dan bukan konferensi yang membosankan.

Wartawan KompasTekno, Wicak Hidayat, melaporkan langsung dari tempat acara berlangsung.

Cuaca Mountain View di hari pelaksanaan pun sangat mendukung, dengan matahari yang bersinar terang dan suhu yang boleh dbilang termasuk panas untuk ukuran AS, di kisaran 22-25 derajat Celcius pada pagi hari saat keynote berlangsung.

Baca: Google IO: Sebuah Festival, Sebuah Perayaan

Dalam keynote-nya, CEO Google Sundar Pichai, mengumumkan produk terbaru Google bernama Google Assistant. Layanan terbaru dari Google ini agaknya mengembangkan fitur yang selama ini ada di Google Now dan biasa dipanggil dengan frasa "Ok, Google."

Google Assistant akan memiliki kemampuan percakapan. Sundar menyebutnya sebagai layanan yang memungkinkan dialog dua arah dengan Google.

Ia mencontohkan, jika bertanya ke Google Assistant dengan kata-kata seperti "what's playing tonight?" (ada film apa yang diputar malam ini?) ia bisa segera memberikan jawaban rekomendasi tiga film yang kira-kira akan disukai penggunanya.

Tapi lebih dari itu, pengguna kemudian bisa langsung menjawab: "Tapi, saya mau ajak anak-anak" dan Google Assistant bisa mengubah rekomendasinya menjadi film-film keluarga.

Lalu, Sundar mencontohkan bahwa pengguna bisa langsung minta dipesankan tiket dan mengonfirmasi pesanannya bagai berbincang dengan manusia lain, bukan dengan mesin.

Dua Aplikasi Baru

Wicak Hidayat/Kompas.com Android N diperkenalkan pada Google I/O 2016

Di I/O, Google juga memperkenalkan dua aplikasi baru: Allo dan Duo. Aplikasi Allo boleh dibilang jadi yang paling menarik, karena di sinilah untuk pertama kalinya Google Assistant akan "hidup".

Allo adalah aplikasi bertukar pesan ala Whatsapp atau Line. Namun fiturnya yang paling unik adalah integrasi Google Assistant.

Saat berbincang dengan orang lain, Allo bisa memberikan saran balasan pesan seperti apa yang biasa dilakukan. Kemudian, pengguna bisa langsung bertanya pada Google Assistant di dalam jendela chat. Termasuk, contohnya, melakukan pemesanan tempat makan untuk kedua orang yang sedang berbincang.

Aplikasi berikutnya yang diperkenalkan Google adalah Duo. Ini adalah aplikasi video call yang dirancang menjadi sederhana dan mudah digunakan.

Google juga memperkenalan Android N di gelaran itu. Nama sistem operasi itu belum ditentukan dan siapapun bisa mengusulkannya lewat android.com/n. Selain itu ada juga Android Wear 2.0 yang diperkenalkan di I/O 2016.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com