Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android Bisa Jalankan Aplikasi Tanpa Instalasi

Kompas.com - 19/05/2016, 07:30 WIB

MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com - Salah satu masalah di platform Android dan perangkat pintar lainnya, adalah pengguna kadang malas meng-install aplikasi tertentu hanya untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya jarang ia lakukan.

Google rupanya telah memikirkan hal itu dan berusaha mengatasinya dengan sebuah kemampuan bernama Instant Apps.

Kemampuan itu disampaikan oleh Stephanie Cuthberson, seorang Product Manager di Google, pada pembukaan Google I/O 2016 di Shoreline Amphiteater, Mountain View, Califronia, Rabu (18/5/2016) waktu setempat.

Dilaporkan wartawan KompasTekno, Wicak Hidayat di lokasi acara, Stephanie mencontohkan, saat seorang teman mengirim link ke video yang hanya bisa dibuka dengan aplikasi tertentu, ia cukup mengkliknya dan aplikasi itu terbuka tanpa harus di-install terlebih dahulu.

Kemampuan Google Play itu, ujarnya, akan hadir untuk semua perangkat Android dengan versi Jellybean ke atas. Artinya, bukan hanya perangkat Android baru saja.

"Developer bisa memanfaatkan ini dengan modifikasi pada kode penyusun aplikasi," ujar Stephanie.

Intinya, kurang lebih, aplikasi yang sudah ada bisa dibuat modular dengan mengikuti petunjuk tertentu dari Google. "Sehari bisa selesai (modifikasinya) kalau aplikasinya sederhana," ia menambahkan.

Nah, kalau sudah modular, maka Android akan bisa mengakses hanya modul tertentu sesuai kebutuhan pengguna.

Layaknya aplikasi yang sesungguhnya

Menariknya, akses Instant Apps ini juga akan menjalankan fungsi layaknya aplikasi sungguhan. Stephanie mencontohkan, untuk aplikasi video tadi, ia bisa swipe untuk melihat-lihat konten seperti biasa.

Namun untuk fungsi yang lebih dalam, developer bisa juga meminta pengguna meng-install aplikasinya secara penuh. Meskipun, hal ini tidak wajib.

Kemampuan terkait data, misalnya pembayaran, menurut Stephanie juga tetap bisa dilakukan lewat Instant Apps dengan keamanan yang tetap terjamin.

Bayangkan, bisa jadi di masa depan kita tak perlu lagi banyak-banyak meng-install aplikasi tapi tetap bisa menikmati fungsinya. Pakai sesuai kebutuhan dan simpan di awan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com