Kompas.com - 19/05/2016, 07:30 WIB
EditorReska K. Nistanto

MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com - Salah satu masalah di platform Android dan perangkat pintar lainnya, adalah pengguna kadang malas meng-install aplikasi tertentu hanya untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya jarang ia lakukan.

Google rupanya telah memikirkan hal itu dan berusaha mengatasinya dengan sebuah kemampuan bernama Instant Apps.

Kemampuan itu disampaikan oleh Stephanie Cuthberson, seorang Product Manager di Google, pada pembukaan Google I/O 2016 di Shoreline Amphiteater, Mountain View, Califronia, Rabu (18/5/2016) waktu setempat.

Dilaporkan wartawan KompasTekno, Wicak Hidayat di lokasi acara, Stephanie mencontohkan, saat seorang teman mengirim link ke video yang hanya bisa dibuka dengan aplikasi tertentu, ia cukup mengkliknya dan aplikasi itu terbuka tanpa harus di-install terlebih dahulu.

Kemampuan Google Play itu, ujarnya, akan hadir untuk semua perangkat Android dengan versi Jellybean ke atas. Artinya, bukan hanya perangkat Android baru saja.

"Developer bisa memanfaatkan ini dengan modifikasi pada kode penyusun aplikasi," ujar Stephanie.

Intinya, kurang lebih, aplikasi yang sudah ada bisa dibuat modular dengan mengikuti petunjuk tertentu dari Google. "Sehari bisa selesai (modifikasinya) kalau aplikasinya sederhana," ia menambahkan.

Nah, kalau sudah modular, maka Android akan bisa mengakses hanya modul tertentu sesuai kebutuhan pengguna.

Layaknya aplikasi yang sesungguhnya

Menariknya, akses Instant Apps ini juga akan menjalankan fungsi layaknya aplikasi sungguhan. Stephanie mencontohkan, untuk aplikasi video tadi, ia bisa swipe untuk melihat-lihat konten seperti biasa.

Namun untuk fungsi yang lebih dalam, developer bisa juga meminta pengguna meng-install aplikasinya secara penuh. Meskipun, hal ini tidak wajib.

Kemampuan terkait data, misalnya pembayaran, menurut Stephanie juga tetap bisa dilakukan lewat Instant Apps dengan keamanan yang tetap terjamin.

Bayangkan, bisa jadi di masa depan kita tak perlu lagi banyak-banyak meng-install aplikasi tapi tetap bisa menikmati fungsinya. Pakai sesuai kebutuhan dan simpan di awan saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.