Kompas.com - 19/05/2016, 07:58 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Dalam waktu bersamaaan dengan pengumuman bahwa Microsoft menjual bisnis feature phone Nokia yang dimilikinya ke anak usaha Foxconn, Nokia turut memublikasikan rencananya untuk kembali ke ranah bisnis smartphone dan tablet.

Baca: Microsoft Jual Nokia ke Foxconn Rp 4,6 Triliun

Seperti dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (19/5/2016), mantan raja ponsel asal Finlandia ini melisensikan properti intelektual berikut merek “Nokia” ke perusahaan baru bernama HMD Global. HMD inilah yang bakal memproduksi gadget mobile Nokia di masa depan.

“HMD didirikan sebagai naungan yang terfokus dan independen untuk segala jenis feature phone, smartphone, dan tablet bermerek Nokia,” sebut Nokia dalam sebuah pernyataan.

Ditambahkan pula bahwa portfolio tablet dan smartphone yang diproduksi HMD nantinya bakal berbasis sistem operasi Android, bukan Windows Phone yang selama ini diasosiasikan dengan Nokia.

HMD bakal dipimpin oleh Arto Nummella, seorang veteran Nokia yang sempat pindah ke Microsoft ketika raksasa software tersebut mencaplok bisnis ponsel Nokia. Dia bakal menjabat sebagai CEO, sekitar akhir Juni nanti.

Menariknya, HMD sudah menjalin kerja sama dengan FIH Mobile, anak usaha Foxconn yang membeli bisnis feature phone Nokia dari Microsoft seharga Rp 4,6 triliun. Tablet Android N1 dulu juga diwujudkan lewat kerja sama antara Nokia dengan Foxconn.

HMD bakal berperan sebagai perancang gadget mobile Nokia, sementara produksinya diserahkan ke FIH Mobile. Kedua perusahaan akan punya akses ke aneka paten teknologi Nokia, baik hardware maupun software.

Untuk saat ini, belum ada keterangan resmi yang menjelaskan kapan smartphone atau tablet Nokia pertama keluaran FIH Mobile bakal dirilis.

Baca: Jalan Berliku Ponsel Nokia untuk Kembali Berdering

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.