Video "Virtual Reality" di YouTube Sudah Bisa Ditonton di iPhone

Kompas.com - 19/05/2016, 11:23 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Aplikasi YouTube sudah mendukung penayangan video  Virtual Reality (VR) 360 derajat sejak tahun lalu. Fitur tersebut hanya tersedia untuk pengguna smartphone Android.

Tapi kini tidak lagi, karena pengguna iPhone pun sudah bisa nimbrung menyaksikan aneka konten video 360 derajat di situs video sharing itu.

Dirangkum KompasTekno dari The Independent, Kamis (19/5/2016) update terbaru aplikasi YouTube untuk iOS telam menghadirkan dukungan untuk menyaksikan video 360 derajat lewat kacamata VR Google Cardboard,

Di dalam player video, pengguna bisa menemukan sebuah tombol khusus untuk mengaktifkan mode Cardboard.

Tampilan video di layar kemudian akan terbelah dua. Untuk menyaksikannya, masukkan iPhone ke dalam kacamata Google Cardboard yang bisa dibeli secara terpisah atau dibikin sendiri.

Google Cardboard adalah kacamata VR murah meriah yang terbuat dari kardus dan beberapa komponen lain seperti lensa.

Semenjak pertama diperkenalkan pada 2014 lalu, Google Cardboard kini telah banyak tersedia, termasuk di pasaran Indonesia lewat berbagai toko ritel offline maupun online.

Selain video VR, pengguna iPhone juga bisa menyaksikan video biasa lewat Cardboard. Hanya saja, penonton tidak akan bisa memandang ke segala arah, melainkan hanya seperti menonton layar bioskop dalam ruangan gelap saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.