Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video "Virtual Reality" di YouTube Sudah Bisa Ditonton di iPhone

Kompas.com - 19/05/2016, 11:23 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Aplikasi YouTube sudah mendukung penayangan video  Virtual Reality (VR) 360 derajat sejak tahun lalu. Fitur tersebut hanya tersedia untuk pengguna smartphone Android.

Tapi kini tidak lagi, karena pengguna iPhone pun sudah bisa nimbrung menyaksikan aneka konten video 360 derajat di situs video sharing itu.

Dirangkum KompasTekno dari The Independent, Kamis (19/5/2016) update terbaru aplikasi YouTube untuk iOS telam menghadirkan dukungan untuk menyaksikan video 360 derajat lewat kacamata VR Google Cardboard,

Di dalam player video, pengguna bisa menemukan sebuah tombol khusus untuk mengaktifkan mode Cardboard.

Tampilan video di layar kemudian akan terbelah dua. Untuk menyaksikannya, masukkan iPhone ke dalam kacamata Google Cardboard yang bisa dibeli secara terpisah atau dibikin sendiri.

Google Cardboard adalah kacamata VR murah meriah yang terbuat dari kardus dan beberapa komponen lain seperti lensa.

Semenjak pertama diperkenalkan pada 2014 lalu, Google Cardboard kini telah banyak tersedia, termasuk di pasaran Indonesia lewat berbagai toko ritel offline maupun online.

Selain video VR, pengguna iPhone juga bisa menyaksikan video biasa lewat Cardboard. Hanya saja, penonton tidak akan bisa memandang ke segala arah, melainkan hanya seperti menonton layar bioskop dalam ruangan gelap saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com