Kompas.com - 20/05/2016, 09:58 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Google masih bingung menentukan nama panggilan untuk sistem operasi mobile berikutnya, Android N, yang diumumkan pada ajang konferensi developer Google I/O 2016, Rabu (18/5/2016) kemarin.

Raksasa search engine itu pun meminta bantuan warga internet untuk menamai Android N lewat sebuah polling di laman website khusus.

“Kami mencoba menentukan nama versi Android berikutnya. Apakah Anda punya ide lezat yang dimulai dengan huruf N?” tanya Google dlam situs tersebut.

Langkah ini rupanya menuai berbagai reaksi dari netizen. Apalagi, seperti dirangkum KompasTekno dari Reuters, Kamis (19/5/2016), huruf “N” sering kali dipakai sebagai penghalus kata makian berbau rasis untuk orang kulit hitam.

Kata makian ini pula yang banyak di-submit ke polling Google oleh para anggota message board anonim 4chan, menurut pengamatan Gizmodo.

“Google, tolong jangan meminta pengguna internet mengirimkan kata-N pada Anda,” sindir seorang pengguna Twitter bernama Jon Hendren.

Beberapa pengguna internet lain berkelakar dengan menyarankan nama Android Nope (slang untuk kata “tidak”) dan Android Nerds. Lainnya lebih serius mengajukan nama makanan seperti “nachos”, “Nutella”, dan “nectarine”.

OS Android sendiri sebelumnya selalu memiliki panggilan yang diambil dari cemilan manis, yang huruf depan namanya sama dengan versi sistem operasi bersangkutan.

Android M (6.0), misalnya, memiliki panggilan “Marshmallow”, dan Android L (5.0) dinamai “Lollipop”. Nama dan nomor versi sistem Android baru biasanya akan dirahasiakan sampai sudah final.

Google lalu akan mengumumkannya dengan mendirikan patung Android baru di halaman Building 44 dalam kampus Google yang menjadi markas tim Android.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.