Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ritual" yang Wajib Dilakukan Pengguna iPhone Saban 6 Hari

Kompas.com - 20/05/2016, 12:34 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Fitur pemindai sidik jari Touch ID pada iPhone mempermudah proses mengunci dan membuka perangkat. Cukup sentuhkan ujung jari, perangkat pun akan langsung terbuka.

Namun Apple tetap mengharuskan pengguna memasukkan passcode dalam kondisi tertentu, misalnya usai melakukan restart iPhone.

Dalam update keamanan iOS yang terbaru, ketentuan itu diperketat lagi. iPhone kini akan rutin meminta pengguna memasukkan passcode setiap 6 hari sekali, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SlashGear, Jumat (20/5/2016).

Perubahan itu diketahui dari dokumen iOS Security Guide untuk iOS 9.3 ke atas yang diterbitkan pada bulan ini.

Di dalamnya, Apple menjelaskan bahwa passcode akan diminta apabila pengguna belum memakai kode tersebut untuk membuka kunci iPhone dalam enam hari terakhir dan Touch ID belum dipakai selama delapan jam terakhir.

Dengan kata lain, pengguna iPhone bakal lebih sering memasukkan kode passcode, meskipun perangkatnya sudah dibekali pemindai sidik jari.

Dokumen Apple menyebutkan ketentuan tersebut baru berlaku pada 12 Mei. Namun, Apple diduga sudah menerapkannya jauh sebelum itu, mulai pada tahun lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber SlashGear
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.