Google Siapkan Perangkat VR Daydream Buatan Sendiri

Kompas.com - 20/05/2016, 18:03 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Selain melisensikan desain headset virtual reality (VR) Daydream pada perusahaan rekanan, Google juga berniat membuat headset versinya sendiri.

"(Headset VR) ini bukan cuma dibuat oleh rekanan saja," ujar Head of VR Google, Clay Bavor mengonfirmasi niat itu.

Cara tersebut membuat penyebaran perangkat lebih terjamin. Setidaknya, kalau Daydream buatan rekanan kurang laku, Google bisa mendorong penjualan versi buatannya sendiri.

Seperti dilansir KompasTekno dari Recode, Jumat (20/5/2016), raksasa mesin pencari itu merancang Daydream sebagai penerus Cardboard, kacamata VR murah mereka.

Bedanya, Daydream dirancang memiliki pengendali remote yang berisi berbagai sensor, tombol serta trackpad. Daydream lebih lengkap ketimbang Cardboard yang cuma berupa wadah ponsel saja.

Tapi perlu dicatat, pengguna masih membutuhkan ponsel Android sebagai layar serta otak pemrosesan VR.

Raksasa mesin pencari itu sedang menyiapkan sejumlah ponsel yang siap dipakai oleh Daydream. Kabarnya vendor yang bekerja sama membuat ponsel tersebut adalah LG, Samsung, HTC, Alcatel serta Xiaomi.

Baca: Google Bikin Ekosistem VR "Daydream" di Android N

Selain itu, Google juga menyematkan mode khusus VR pada Android N yang belum mereka luncurkan itu. Mode ini antara lain berisi home screen serta aplikasi-aplikasi Google yang dirancang khusus VR.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Recode
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.