Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Siapkan Perangkat VR Daydream Buatan Sendiri

Kompas.com - 20/05/2016, 18:03 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Recode

KOMPAS.com - Selain melisensikan desain headset virtual reality (VR) Daydream pada perusahaan rekanan, Google juga berniat membuat headset versinya sendiri.

"(Headset VR) ini bukan cuma dibuat oleh rekanan saja," ujar Head of VR Google, Clay Bavor mengonfirmasi niat itu.

Cara tersebut membuat penyebaran perangkat lebih terjamin. Setidaknya, kalau Daydream buatan rekanan kurang laku, Google bisa mendorong penjualan versi buatannya sendiri.

Seperti dilansir KompasTekno dari Recode, Jumat (20/5/2016), raksasa mesin pencari itu merancang Daydream sebagai penerus Cardboard, kacamata VR murah mereka.

Bedanya, Daydream dirancang memiliki pengendali remote yang berisi berbagai sensor, tombol serta trackpad. Daydream lebih lengkap ketimbang Cardboard yang cuma berupa wadah ponsel saja.

Tapi perlu dicatat, pengguna masih membutuhkan ponsel Android sebagai layar serta otak pemrosesan VR.

Raksasa mesin pencari itu sedang menyiapkan sejumlah ponsel yang siap dipakai oleh Daydream. Kabarnya vendor yang bekerja sama membuat ponsel tersebut adalah LG, Samsung, HTC, Alcatel serta Xiaomi.

Baca: Google Bikin Ekosistem VR "Daydream" di Android N

Selain itu, Google juga menyematkan mode khusus VR pada Android N yang belum mereka luncurkan itu. Mode ini antara lain berisi home screen serta aplikasi-aplikasi Google yang dirancang khusus VR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Recode
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com