Kompas.com - 23/05/2016, 07:08 WIB
Arsitektur memori DRAM LPDDR4 6 GB Samsung dipamerkan di China. Sam MobileArsitektur memori DRAM LPDDR4 6 GB Samsung dipamerkan di China.
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Samsung mengenalkan memori DRAM LPDDR4 kapasitas 6 GB yang diproduksi dengan proses manufaktur 10 nanometer. Memori tersebut disebut digosipkan bakal dipasang di perangkat Galaxy Note 6.

Memori ponsel berkapasitas besar tersebut, dikutip KompasTekno dari SamMobile, Senin (23/5/2016), dikenalkan di ajang Samsung Mobile Solution Forum di Shenzhen, China pekan lalu.

Dengan menggunakan proses manufaktur 10nm, artinya memori DRAM 6 GB tersebut diharapkan bisa memberikan daya lebih besar sekaligus mengurangi konsumsi energi, sehingga bisa lebih menghemat baterai.

Banyak yang mengait-ngaitkan memori DRAM 6 GB Samsung ini dengan handset Galaxy Note 6 yang rencananya bakal diluncurkan Samsung pada Agustus mendatang. Rumor lain juga menyebut memori ini bakal terpasang di flagship Galaxy S8.

Galaxy Note 6 sendiri juga dikatakan akan memiliki chipset Snapdragon 823. Phablet berukuran 5,8 inci itu mengusung layar AMOLED Slim RGB.

Kebanyakan ponsel saat ini baru mampu mengusung memori RAM maksimal 4 GB. Baru dua ponsel buatan vendor China, yakni Vivo dan LeEco yang telah memiliki ponsel dengan memori RAM 6 GB.

Samsung sendiri sebelumnya telah memiliki portfolio memori RAM 6 GB, namun masih diproduksi dengan fabrikasi 20nm, dan tidak dipakai juga dalam produk-produk Samsung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber SamMobile
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.