Ponsel "Lepas Pasang" Google Bisa Dibeli Tahun Depan

Kompas.com - 23/05/2016, 08:52 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Google akhirnya mengumumkan kapan tepatnya smartphone modular Project Ara akan dirilis. Perangkat yang komponennya bisa dibongkar pasang itu dikatakan Google bakal siap untuk dijual bebas pada tahun 2017 mendatang.

Informasi mengenai tanggal peluncuran tersebut diungkapkan langsung oleh Google dalam ajang I/O pekan lalu. Selain itu, raksasa software ini juga mengungkapkan akan merilis versi developer dari Project Ara pada kuartal ke-4 tahun 2016 ini juga. Versi developer tersebut juga dikatakan akan menggunakan layar berukuran 5,3 inci.

Perangkat Project Ara yang dipamerkan di ajang Google I/O diklaim sudah jauh lebih canggih dari sebelumnya. Sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Senin (23/5/2016), konsumen nantinya sudah tidak perlu lagi me-reboot perangkat ketika ingin mengganti komponen.

Baca: Ini Dia, Smartphone yang bisa Dirakit

Satu hal keren lainnya, komponen Project Ara nantinya bisa dicopot hanya dengan menggunakan perintah suara. Di ajang I/O, Google mencontohkan pergantian komponen kamera via suara.

"Okay Google, cabut kamera," kata salah satu karyawan Google. Setelah itu, kamera secara otomatis tercabut dan bisa digantikan dengan kamera lainnya.

Saat ini, Project Ara dikatakan terdiri dari 6 buah modul secara generik. Artinya, pengguna bisa menaruh komponen apa pun dalam modul tersebut. Ke-6 modul itu dikatakan terhubung dalam sebuah jaringan yang disebut sebagai Unipro.

Project Ara dikembangkan bersama dengan beberapa pengembang, seperti Panasonic, TKD, iHealth, E Ink, Toshiba, Sony Pictures Home Entertainment, dan Samsung. Semua perusahaan tersebut mengerjakan modul-modul untuk Ara, termasuk layar hingga kamera.

Baca: Toshiba Sediakan Kamera Lepas-Pasang untuk Project Ara

Project Ara adalah proyek smartphone modular yang pertama kali dikembangkan oleh Motorola pada 2012, lalu dikembangkan lebih lanjut oleh Google mulai 2014 lalu.

Proyek ini bertujuan membikin ponsel pintar yang aneka komponennya -seperti kamera, layar, dan baterai- bisa digonti-ganti, dipasang atau dicopot sesuai dengan kebutuhan pengguna, layaknya PC rakitan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.