Kompas.com - 23/05/2016, 13:06 WIB
Logo Chromebook di Acer C7 Digital TrendsLogo Chromebook di Acer C7
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Minggu lalu, Google mengumumkan bahwa aplikasi Android bakal bisa dijalankan di laptop Chrome buatannya yang berbasis Linux.

Langkah Google tersebut oleh pendiri Linux, Linus Torvalds, dikatakan bisa menjadi ancaman bagi laptop-laptop lain, termasuk Apple Mac dan Microsoft Windows yang bakal kerepotan menghadapinya.

Di Amerika Serikat (AS) sendiri, menurut data yang dirilis oleh IDC, pengiriman laptop berbasis Chrome OS sudah mengalahkan laptop berbasis Mac sepanjang kuartal pertama 2016 lalu.

Jumlahnya mencapai 2 juta unit laptop Chromebook dari gabungan tiga vendor yang merilisnya, yaitu Dell, HP, dan Lenovo. Laptop berbasis Mac sendiri hanya berkisar 1,7 juta unit pengiriman.

"Mungkin sudah saatnya guyonan tentang 'tahunnya Linux Desktop' itu kita hentikan," kata Torvalds merujuk pada guyonan yang selalu dilontarkan karena OS Linux tak kunjung-kunjung menguasai pasar sistem operasi.

Baca: Laptop Google Bisa Jalankan Semua Aplikasi Android

Lalu apa yang membuat laptop Chromebook menjadi ancaman bagi laptop berbasis Windows?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikutip KompasTekno dari ZDNet, Senin (23/5/2016), Chrome OS ini mudah dipelajari, tak seperti OS Mac yang menjadi salah satu alternatif Windows yang sedikit lebih rumit.

"Kalau Anda bisa memakai browser, Anda bisa menggunakan Chromebook," kata Steven J. Vaughan-Nichols dari ZDNet.

Ditambahkan Steven, dengan semakin banyaknya aplikasi desktop yang bertransformasi menjadi layanan berbasis awan (cloud) di Chromebook, harga yang lebih murah, dan keamanan yang lebih baik, menjadi beberapa keunggulan Chromebook dibanding Windows.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber ZDNet
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.