Android N Belum Nongol, Motorola Sudah Sebut Android O

Kompas.com - 23/05/2016, 16:33 WIB
Poster komersil Motorola menyebut ponsel Moto G4 Plus bakal mendukung upgrade ke Android N dan Android O IBTimesPoster komersil Motorola menyebut ponsel Moto G4 Plus bakal mendukung upgrade ke Android N dan Android O
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Dalam waktu dekat, Motorola bakal merilis smartphone bertajuk "Moto G4 Plus". Beberapa spesifikasinya sudah diumbar melalui sebuah poster komersil.

Salah satunya, Motorola menyebut bahwa Moto G4 Plus bakal mendukung upgrade ke sistem operasi Android N dan Android O. Klaim tersebut sontak mengundang tanya para netizen, sebagaimana dilaporkan IBTimes dan dihimpun KompasTekno, Senin (23/5/2016).

Pasalnya, baru pekan lalu Google memperkenalkan Android N pada ajang Google I/O 2016 di Shoreline Amphiteater, Mountain View, California, AS.

Huruf "N" sendiri belum jelas merupakan kepanjangan dari kata apa. Google masih menggalang masukan dari semua netizen melalui situs ini, hingga 8 Juni mendatang.

Baca: Yuk, Bantu Google Pilih Nama Android N

Rasanya terlalu dini untuk beranjak ke Android O. Jika mengacu pada urutan alfabet, penamaan itu seharusnya mengacu pada sistem operasi penerus Android N.

Perlu diketahui, sejak 2012, Google mematok jangka setahun untuk merilis sistem operasi baru. Artinya, jika benar Android O bakal diluncurkan, setidaknya netizen baru bisa menikmatinya pada 2017 mendatang.

Motorola belum mengeluarkan komentar resmi atas poster yang menghebohkan netizen tersebut. Google pun tak menggubris isu ini.

Diketahui, Android N hadir dengan beberapa fitur baru seperti split screen multitasking, fitur penghemat baterai, dan emoji baru.

Jejeran nama Android

Terkait nama, beberapa orang memprediksi "N" bakal jadi kepanjangan "Nutella". Sejak 2009, penamaan Android memang diikuti nama makanan ringan yang manis.

Tradisi itu dimulai pertama kali adalah oleh Android Cupcake 1.5 keluaran 2009, lalu disusul Donut 1.6 dan Eclair 2.0-2.1 pada tahun yang sama.

Froyo 2.2-2.2.3 hadir pada pertengahan 2010, diikuti Gingerbread 2.3-2.3.7 pada akhir 2010. Selanjutnya ada Honeycomb 3.0-3.2.6 dan Ice Cream Sandwich 4.0-4.0.4 sepanjang 2011.

Selama 2012, hanya ada Android Jelly Bean 4.1-4.3. Kemudian ada KitKat 4.4 pada 2013, Lollipop 5.0 pada 2014, dan Marshmallow 6.0 pada 2015.



Sumber Ibtimes
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X