Kompas.com - 23/05/2016, 17:05 WIB
Motorola RAZR V3. istMotorola RAZR V3.
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Moto (dahulu Motorola) disebut-sebut akan membuat ponsel Android dengan desain lipat (clamshell). Indikasi ini muncul lewat iklan video teaser yang dirilis Lenovo, perusahaan induk Moto.

Lewat video berdurasi 45 detik itu, Lenovo mengajak masyarakat bernostalgia ke era 2000-an awal. Motorola memamerkan ponsel bikinannya yang terpopuler, yakni RAZR V3.

Motorola memang belum mengumumkan akan merilis Android bergaya lipat. Namun, melalui teaser video terbaru tersebut, terutama dengan memamerkan V3, anak perusahaan Lenovo itu seakan-akan mengindikasikan akan ada ponsel Android lipat.

Seri RAZR V3 menjadi salah satu ponsel tertipis di tahun 2004. Ponsel lipat tersebut saat itu terjual lebih dari 100 juta unit, sebelum iPhone akhirnya populer.

Situs Wikipedia bahkan memasukkan Motorola RAZR V3 sebagai ponsel terlaris nomor sembilan sepanjang masa.

Kini, setelah diakuisisi oleh Motorola, ponsel Motorola yang telah mengadopsi OS Android, yaitu Moto X tidak secemerlang RAZR kala itu.


Ide untuk membuat ponsel Android model lipat memang bukan kali ini saja muncul. Duo pabrikan elektronik Korea Selatan, LG dan Samsung sudah sama-sama memiliki portfolio ini.

LG memiliki ponsel Android LG Ice Cream di awal 2015 lalu. Sementara Samsung memperkenalkan Android layar lipat W789 dengan nama sandi Hennessy di akhir 2015. Namun, kedua ponsel Android layar lipat itu sekadar dijadikan alat untuk menguji pasar saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.