Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2015, Ada 600 Model Ponsel Android yang Beredar

Kompas.com - 23/05/2016, 19:17 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Sepanjang tahun 2015 lalu, Google mengklaim terdapat 600 model ponsel dengan sistem operasi Android yang diluncurkan dan beredar di pasar global.

Hal itu diungkapkan oleh Google di ajang konferensi tahunannya, Google I/O yang tahun ini diselenggarakan di seputaran kantor pusatnya di Mountain View, California, AS, pekan lalu.

Akun Twitter resmi Google juga mengklaim bahwa Android kini menjadi sistem operasi mobile terpopuler di dunia. Versi sistem operasi Android yang saat ini paling banyak dipakai adalah versi Android 4.4 KitKat.


Menurut Google, jumlah pengguna KitKat di dunia mencapai 32,5 persen populasi Android.

Jumlah tersebut kurang lebih sama dengan kondisi di tahun 2013 lalu, di mana mayoritas pengguna ponsel Android menjalankan versi 4.4 KitKat, yaitu sebanyak 33 persen.

Selain itu, dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Senin (23/5/2016), dalam periode yang sama, pengguna Android memasang 65 miliar aplikasi di ponsel Android-nya.

Google juga mengidentifikasi pengguna ponsel Android membuat 24 miliar foto selfie sepanjang tahun 2015. Jumlah tersebut baru dihitung dari jumlah foto yang disimpan di Google Photos saja.

Selain platform mobile, Google juga mengungkap data dari platform wearable-nya. Menurut Google, saat ini sudah ada 12 perusahaan yang membuat peranti jam tang pintar Android Wear.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com