Kompas.com - 23/05/2016, 19:17 WIB
Model memamerkan ponsel Android Lenovo, Phab dan Phab Plus di Jakarta, Kamis (29/10/2015). Reska K. Nistanto/KOMPAS.comModel memamerkan ponsel Android Lenovo, Phab dan Phab Plus di Jakarta, Kamis (29/10/2015).
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Sepanjang tahun 2015 lalu, Google mengklaim terdapat 600 model ponsel dengan sistem operasi Android yang diluncurkan dan beredar di pasar global.

Hal itu diungkapkan oleh Google di ajang konferensi tahunannya, Google I/O yang tahun ini diselenggarakan di seputaran kantor pusatnya di Mountain View, California, AS, pekan lalu.

Akun Twitter resmi Google juga mengklaim bahwa Android kini menjadi sistem operasi mobile terpopuler di dunia. Versi sistem operasi Android yang saat ini paling banyak dipakai adalah versi Android 4.4 KitKat.


Menurut Google, jumlah pengguna KitKat di dunia mencapai 32,5 persen populasi Android.

Jumlah tersebut kurang lebih sama dengan kondisi di tahun 2013 lalu, di mana mayoritas pengguna ponsel Android menjalankan versi 4.4 KitKat, yaitu sebanyak 33 persen.

Selain itu, dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Senin (23/5/2016), dalam periode yang sama, pengguna Android memasang 65 miliar aplikasi di ponsel Android-nya.

Google juga mengidentifikasi pengguna ponsel Android membuat 24 miliar foto selfie sepanjang tahun 2015. Jumlah tersebut baru dihitung dari jumlah foto yang disimpan di Google Photos saja.

Selain platform mobile, Google juga mengungkap data dari platform wearable-nya. Menurut Google, saat ini sudah ada 12 perusahaan yang membuat peranti jam tang pintar Android Wear.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.