Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja yang Diumumkan Google di Ajang I/O 2016?

Kompas.com - 24/05/2016, 07:41 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Konferensi Google I/O baru saja digelar pada 18 - 20 Mei 2016 lalu. Selama hajatan tiga hari itu, raksasa mesin pencari ini berpesta sambil memamerkan berbagai teknologi masa depan.

Disebut teknologi masa depan karena tak semua yang dipamerkan sudah siap pakai. Bisa saja masing-masing teknologi tersebut diluncurkan ke publik dalam kurun satu tahun mendatang, atau bisa saja lebih lama.

Baca: Google Perkenalkan Perangkat dan Aplikasi Baru di I/O 2016

Seperti rangkuman KompasTekno dari The Next Web, Selasa (24/5/2016), terdapat sembilan inovasi dan pembaruan yang patut dicatat. Mulai dari mesin yang bisa diajak ngobrol hingga dua aplikasi pesan instan baru.

Lebih jelasnya, simak masing-masing ulasannya di bawah ini:

1. Google Assistant

Masih ingat dengan fitur Google Now pada ponsel Android? Google Assistant ini bisa dikatakan sebagai hasil pengembangan fitur tersebut.

CEO Google Sundar Pichai mengumumkannya di atas panggung tepat pada hari pertama konferensi tersebut. Menurutnya, layanan baru ini membuat orang bisa berdialog atau mengobrol dengan mesin.

Di balik Google Asisstant terdapat mesin kecerdasan buatan yang memroses jawaban sesuai konteks pertanyaan. Contohnya, seperti ditunjukkan oleh Sundar, kata-kata "what's playing tonight?" akan dijawab dengan rekomendasi film yang sedang tayang di bioskop.

2. Google Home

Google punya impian untuk menyematkan mesin kecerdasan buatan ke dalam berbagai produknya. Salah satu hasilnya adalah Google Home ini.

Bentuknya memang mirip dengan wadah garam atau merica berukuran besar. Tapi sebenarnya, Google Home merupakan speaker yang memiliki mesin kecerdasan buatan layanan Assistant.

Karena itu, speaker ini bisa dikendalikan dengan perintah suara. Berbagai aplikasi Google, seperti Gmail, Calendar serta Maps pun bisa terhubung pada Home.

3. Aplikasi Duo dan Allo

Duo dan Allo merupakan aplikasi pesan instan terbaru Google. Aplikasi yang pertama bisa dipakai untuk melakukan video call, sedangkan yang kedua merupakan aplikasi pengirim pesan teks.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com