Kompas.com - 24/05/2016, 07:41 WIB
Android N diperkenalkan pada Google I/O 2016 Wicak Hidayat/Kompas.comAndroid N diperkenalkan pada Google I/O 2016
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Konferensi Google I/O baru saja digelar pada 18 - 20 Mei 2016 lalu. Selama hajatan tiga hari itu, raksasa mesin pencari ini berpesta sambil memamerkan berbagai teknologi masa depan.

Disebut teknologi masa depan karena tak semua yang dipamerkan sudah siap pakai. Bisa saja masing-masing teknologi tersebut diluncurkan ke publik dalam kurun satu tahun mendatang, atau bisa saja lebih lama.

Baca: Google Perkenalkan Perangkat dan Aplikasi Baru di I/O 2016

Seperti rangkuman KompasTekno dari The Next Web, Selasa (24/5/2016), terdapat sembilan inovasi dan pembaruan yang patut dicatat. Mulai dari mesin yang bisa diajak ngobrol hingga dua aplikasi pesan instan baru.

Lebih jelasnya, simak masing-masing ulasannya di bawah ini:

1. Google Assistant

Masih ingat dengan fitur Google Now pada ponsel Android? Google Assistant ini bisa dikatakan sebagai hasil pengembangan fitur tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

CEO Google Sundar Pichai mengumumkannya di atas panggung tepat pada hari pertama konferensi tersebut. Menurutnya, layanan baru ini membuat orang bisa berdialog atau mengobrol dengan mesin.

Di balik Google Asisstant terdapat mesin kecerdasan buatan yang memroses jawaban sesuai konteks pertanyaan. Contohnya, seperti ditunjukkan oleh Sundar, kata-kata "what's playing tonight?" akan dijawab dengan rekomendasi film yang sedang tayang di bioskop.

2. Google Home

Google punya impian untuk menyematkan mesin kecerdasan buatan ke dalam berbagai produknya. Salah satu hasilnya adalah Google Home ini.

Bentuknya memang mirip dengan wadah garam atau merica berukuran besar. Tapi sebenarnya, Google Home merupakan speaker yang memiliki mesin kecerdasan buatan layanan Assistant.

Karena itu, speaker ini bisa dikendalikan dengan perintah suara. Berbagai aplikasi Google, seperti Gmail, Calendar serta Maps pun bisa terhubung pada Home.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.