Kompas.com - 24/05/2016, 10:33 WIB
Logo Windows 7 MicrosoftLogo Windows 7
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Meski sudah berumur 7 tahun, sistem operasi Windows 7 masih terpasang di sejumlah PC baru yang beredar di pasaran. Tapi penggunanya kerap direpotkan dengan banyaknya update yang telah disalurkan oleh Microsoft yang mesti dipasang di komputer.

Untuk mengatasi kerepotan tersebut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ZDNet, Senin (23/5/2016), Microsoft minggu lalu merilis sebuah update terpadu bernama Windows 7 SP1 convenience edition.

Update ini merupakan pembaruan terbesar untuk Windows 7 yang dirilis oleh Microsoft, semenjak service pack (SP) 1 diluncurkan. Isinya "merapel" segala pembaruan sekuriti dan non-sekuriti sejak 2011, waktu Service Pack 1 pertama kali dirilis.

Namun, Microsoft tidak menyertakan update untuk browser IE 11 atau .NET Framework yang memang disalurkan secara terpisah.

Dengan begini, pengguna cukup memasang satu update Windows 7 SP1 convenience edition untuk sistem operasi berumur tujuh tahun itu, tak perlu melakukan instalasi satu per satu secara terpisah.

Update yang sama juga tersedia bagi versi Windows 7 untuk server, Windows Server 2008 R2.

Windows 7 SP1 convenience edition secara teknis bukan dikategorikan sebagai service pack, namun update ini merupakan pembaruan terbesar semenjak service pack 1 (SP1).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengguna harus memasang Windows 7 SP1 convenience edition secara manual dari Microsoft Upate Catalog. Mereka yang selalu melakukan update Windows 7 tidak memerlukan pembaruan ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber ZDNet
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.