Kompas.com - 24/05/2016, 14:20 WIB
CEO Apple, Tim Cook Adam Tow/AllThingsD.comCEO Apple, Tim Cook
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Sudah bukan rahasia lagi bahwa iPhone adalah perangkat high-end dengan banderol mahal. Bahkan CEO Apple, Tim Cook, pun belakangan mengakui hal tersebut.

“Saya tahu bahwa harganya tinggi. Kami ingin melakukan hal-hal untuk menurunkan harganya secara bertahap,” ujar Cook minggu lalu sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Business Insider, Selasa (24/5/2016).

Cook ketika itu berbicara dalam konteks harga iPhone di India, saat diwawancarai oleh NDTV di sela-sela kunjungannya ke negara tersebut.

Baca: Harga iPhone 6 di Indonesia Kemahalan

Lebih lanjut, Cook mengatakan pihaknya bakal mengusahakan agar harga iPhone di India tidak lebih mahal dibandingkan di Amerika Serikat.

Harga iPhone di beberapa negara memang lebih tinggi dibandingkan banderol di AS. Menurut data dari Deutsche Bank yang beredar beberapa waktu lalu, iPhone 6 seharga 600 dollar di AS bisa dijual seharga 784 dollar AS di India.

Di Indonesia juga demikian, bahkan selisih harganya lebih tinggi. iPhone 6 tadi bisa dijual seharga 865 dollar AS atau hampir Rp 12 juta di Tanah Air. Adapun rekor tertinggi dipegang oleh Brazil yang bisa memberlakukan harga hingga 931 dollar AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengapa harga iPhone di luar AS kelewat mahal? Cook menyalahkan pajak dan bea masuk di masing-masing negara.

Business Insider Harga jual iPhone di Indonesia termahal kedua di dunia
Tidak dijelaskan bagaimana Apple akan menurunkan harga iPhone di India. Tapi Cook menekankan pihaknya tak bakal mengorbankan kualitas.

Apple sendiri selama ini berhasil meraih margin profit yang tinggi dengan mempertahankan kualitas dan tak mau bersaing soal harga.

Namun, belakangan Apple mulai memikirkan ulang aspek harga iPhone, terutama setelah penjualan perangkat itu tercatat menurun untuk pertama kalinya dalam sejarah, pada kuartal pertama tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.