Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Rahasia Berlangganan Spotify Rp 13.000 Per Bulan

Kompas.com - 24/05/2016, 16:45 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Bukan cuma layanan e-commerce yang getol menggelar diskon produk menjelang musim liburan. Layanan streaming musik Spotify pun tak mau kalah.

Mulai sekarang, pengguna bisa menikmati layanan Spotify Premium hanya dengan membayar Rp 13.000 per bulan. Biaya itu adalah yang termurah sepanjang sejarah penawaran Spotify.

Namun, ada syarat dan rahasianya. Yakni, pengguna harus mendaftar dengan paket keluarga, sebagaimana tertera pada keterangan pers yang diterima KompasTekno, Selasa (24/5/2016).

Paket tersebut sejatinya dipatok Rp 79.000 per bulan untuk maksimal enam anggota. Jika asumsinya kuota terpenuhi, tiap orang hanya perlu patungan Rp 13.000.

Pasalnya, tarif berlaku permanen. Jika ingin membayar semurah mungkin, pengguna harus memenuhi kuota yang tersedia.

Sebelumnya, paket keluarga Spotify Premium dibanderol Rp 150.000 untuk maksimal lima anggota. Artinya, masing-masing harus membayar Rp 30.000.

Sedangkan untuk paket individu, paket Spotify Premium dipatok Rp 49.990 atau sekitar 50 persen lebih mahal dari tarif paket keluarga terdahulu.

Apa kelebihan Spotify Premium?

Setidaknya ada tiga hal yang paling membedakan paket Spotify Premium (berbayar) dengan Spotify Free (gratis). Pertama, pengguna bisa mendengar lagu kesukaan tanpa harus terdistraksi dengan iklan.

Pada layanan Spotify Free, lagu kerap kali didahului dengan pesan komersil, seperti halnya mendengar di radio.

Kedua, pengguna Spotify Premium juga bisa mendengar 30 juta lagu secara offline. Pengguna tak perlu melulu menguras kuota data internet untuk bersantai sembari menikmati lagu kesukaan.

Terakhir, pengguna bisa memainkan lagu apa pun, kapan pun, dari perangkat apa saja, secara bebas tanpa dan batasan. Tak ada perbedaan berarti antara fasilitas yang didapat pengguna Spotify Premium individu maupun keluarga.

Untuk paket keluarga, meski terdaftar berenam, tiap anggota mendapatkan akun masing-masing dengan playlist sesuai selera individu. Musik yang tersimpan dan rekomendasi bersifat personal, tak akan tercampur dengan akun saudara atau orang tua.

Saat ini Spotify telah diunduh 75 juta pengguna aktif di 59 negara di dunia. Sebanyak 30 juta pelanggannya memilih paket Spotify berbayar. Untuk informasi lebih lengkap soal paket keluarga Spotify Premium teranyar, silakan cek tautan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com