Kompas.com - 25/05/2016, 15:21 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Aplikasi Instagram yang belum lama ini diperbarui ternyata masih menyimpan rahasia berupa petunjuk mengenai fitur lain yang akan dihadirkan.

Itulah yang ditemukan oleh seorang programmer bernama Elliott Murray. Dirangkum KompasTekno dari PetaPixel, Rabu (25/5/2016), petunjuk fitur baru itu terdapat di antara baris kode aplikasi Instagram.

Total terdapat empat fitur yang tertera dalam bentuk variabel boolean (tipe data dengan nilai “true” atau “false”), yakni “can_see_organic_insights”, “can_convert_to_business”, “show_insight_terms”, dan yang paling menarik, “can_boost_post”.

Saat ini ke-4 fitur tesebut sedang di non-aktifkan (“false”), dan bisa sewaktu-waktu dinyalakan oleh pihak Instagram.

“Can_boost_post” mengindikasikan kehadiran fitur di mana pengguna bisa membayar untuk menambah reach posting yang diunggah, agar menjangkau lebih banyak pengguna di jejaring Instagram.

Elliott Murray Baris kode dalam aplikasi Instagram yang menyimpan petunjuk mengenai kehadiran fitur baru, seperti ditemukan oleh Elliott Murray

Fitur tersebut saat ini sudah terdapat di Facebook. Sisi negatifnya, saat pertama kali menerapkan fitur boosting post dulu, Facebook diduga sengaja ikut menurunkan reach untuk tiap posting organik. Dengan demikian, brand tidak punya pilihan lain kecuali membayar Facebook agar bisa menjangkau audiens.

Hal yang sama dikhawatirkan bakal terjadi di Instagram, apalagi layanan berbagi foto itu bakal mengganti alogoritma penyajian posting dari urutan kronologis menjadi berdasar relevansi dengan pengguna.

Adapun “can_see_organic_insights” dan “show_insights_terms” diduga berkaitan dengan fitur analisa bisnis dan follower untuk pengiklan dan brand di Instagram.

Lalu, “can_convert_to_business” disinyalir merupakan upaya untuk mendorong brand yang masih memakai profil pengguna biasa agar beralih ke profil bisnis ketika sudah tersedia nanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber PetaPixel

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.