Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Frankie Manning yang Jadi Google Doodle Hari Ini?

Kompas.com - 26/05/2016, 06:55 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Telegraph

KOMPAS.com - Halaman utama Google kembali dihiasi oleh doodle. Hari ini, Kamis (26/5/2016), bagian ini dipercantik dengan doodle untuk memeringati hari ulang tahun ke-102 dari penari dan koreografer asal Amerika Serikat, Frankie Manning.

Google membuat animasi sepasang pria dan wanita yang berdansa dengan riangnya. Ada adegan di mana sang pria melempar tinggi-tinggi sang wanita. Di bagian belakang terdapat tulisan "Google".

Namun, siapa sebenarnya Frankie Manning yang dijadikan Google Doodle hari ini?

Dikutip KompasTekno dari Telegraph, Frankie Manning dilahirkan pada 26 Mei 1914 di Jacksonville, Florida, AS.

Baru menginjak usia tiga tahun, Frankie Manning sudah harus pindah ke daerah Harlem, salah satu bagian di kota New York.

Ketertarikannya terhadap dunia tari sendiri sudah dimulai sejak usia muda. Saat menginjak usia yang lebih dewasa, Frankie Manning sering menghadiri kegiatan dansa di Renaissance Ballroom, di mana ia banyak ditemani oleh sang ibu.

Ia cukup kaget ketika melihat ibunya mampu menarikan gerakan tarian tradisional barat, seperti waltz. Karena itu, dia semakin serius mempelajari tarian.

Frankie Manning kemudian mendirikan sebuah kelompok dansa bernama Whitey's Lindy Hoppers yang cukup sering pentas dan membuat beberapa film. Ia juga dianggap sebagai salah satu pencipta gerakan dansa terkenal, Lindy Hop.

Tarian itu begitu populer di antara tahun 1920-an hingga 1930-an. Gerakan dansa ini merupakan gabungan dari banyak gerakan, seperti jazz, tap, breakaway, dan Charleston.

Gerakan Lindy Hop sendiri lahir di komunitas Afrika-Amerika di Harlem, tetapi mulai banyak menyebar di tahun 1930.

Gerakan ini begitu liar dan spontan, dengan adanya gerakan tendangan dan pergerakan anggota tubuh, atau bisa saja menjadi gerakan yang bersahaja, dan biasanya dilakukan berpasangan, sama seperti animasi gerakan yang ditampilkan Google.

Frankie Manning sendiri bukanlah orang yang memberikan nama gerakan Lindy Hop. Namun, ia merupakan duta dari gerakan tersebut karena membantu membuat tarian itu populer dan menyebarkannya ke khalayak luas.

Frankie Manning meninggal pada 27 April 2009 dalam usia 94 tahun di Corona, Queens, AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com