Begini Cara Mengatasi WhatsApp Error "Layar Putih" di iPhone

Kompas.com - 26/05/2016, 13:48 WIB
Antarmuka menu di Settings WhatsApp di iOS. Reska K. Nistanto/KompasTeknoAntarmuka menu di Settings WhatsApp di iOS.
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Aplikasi pesan instan WhatsApp dikeluhkan tidak bisa diakses oleh sejumlah pengguna iPhone sejak Rabu (25/5/2016) sore kemarin. layar antarmuka WhatsApp hanya menampilkan warna putih saja.

Walau pihak WhatsApp dan Apple belum memberikan penjelasan secara resmi terkait error aplikasi itu, namun situs MakeMac seperti dikutip KompasTekno, Kamis (26/5/2016) menemukan solusi sementara untuk mengatasi error WhatsApp di iOS.

Menurut situs MakeMac, ada dua cara sederhana untuk membereskan masalah akses WhatsApp versi terbaru di iOS ini.

Pertama, matikan semua knob (geser ke kiri) pengaturan Permission yang bisa diakses melalui menu Settings – WhatsApp. Matikan semua pilihan yang mengizinkan WhatsApp mengakses beberapa fitur di ponsel, seperti Locations, Contacts, Photos, Camera, dan sebagainya.

Cara ini sebelumnya dibagikan oleh sejumlah pengguna iPhone di Twitter. KompasTekno pun sudah mencoba dan berhasil.

Cara kedua adalah menghapus aplikasi WhatsApp dari perangkat iOS kemudian melakukan proses instalasi lagi dari toko aplikasi App Store.

Namun, cara kedua ini disebut MakeMac akan membuat history pesan WhatsApp pengguna terhapus, jika sebelumnya tidak pernah melakukan backup ke iCloud atau komputer Mac.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti diberitakan sebelumnya, menurut pengakuan sejumlah pengguna iPhone di Twitter, error di WhatsApp itu terjadi setelah mereka meng-update aplikasi WhatsApp ke versi paling baru.

Baca: Pengguna iPhone Keluhkan Tidak Bisa Akses WhatsApp

Sebagian besar pengguna iPhone yang mengklaim mendapatkan masalah ini adalah pengguna iOS versi 9.3.2 dengan versi WhatsApp terbaru (2.16.4).

Namun ada juga beberapa pengguna iOS 9.3.1 yang menggunakan WhatsApp terbaru dan mengalami masalah serupa.

Hingga berita ini dinaikkan, belum ada penjelasan resmi dari WhatsApp maupun Apple tentang error di WhatsApp ini.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X