Terpopuler di Play Store, "Tahu Bulat" Kalahkan "Clash of Clans"

Kompas.com - 26/05/2016, 15:18 WIB
Studio aplikasi asal Bandung mengadopsi tren tahu bulat menjadi sebuah permainan untuk ponsel Android Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comStudio aplikasi asal Bandung mengadopsi tren tahu bulat menjadi sebuah permainan untuk ponsel Android
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Clash of Clans (CoC) bukan lagi aplikasi game gratis terpopuler di Google Play Store. Posisinya dilengserkan game Tahu Bulat yang baru meluncur pada April 2016.

Keduanya sudah bersaing ketat sejak beberapa hari lalu di kategori game Top Free. Kala itu CoC seakan memapankan diri di posisi pertama, sedangkan Tahu Bulat masih merangkak pelan-pelan hingga menempel Coc di posisi kedua.

Jika ditilik secara keseluruhan aplikasi, Tahu Bulat menduduki posisi ke-19. Sementara itu, CoC turun ke posisi 21, sebagaimana pantauan KompasTekno, Kamis (26/5/2016).

Tahu Bulat sudah diunduh lebih dari 100.000 kali di toko aplikasi Andorid. Angka itu terhitung masif untuk game yang baru sebulan dirilis.

Jumlah pengunduh CoC jauh lebih banyak, yakni menyentuh angka 100 juta download. Wajar saja, sebab game tersebut sudah unjuk gigi sejak Februari 2012.

Google Play Store Tahu Bulat terpopuler di Google Play Store

"Ini benar-benar game tahun ini. Idenya benar-benar memahami pemain, Grafiknya juga sangat mengagumkan," kata salah satu pe-review Tahu Bulat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adalah developer lokal Own Games yang menciptakan game Tahu Bulat. Idenya terinspirasi dari keseharian pedagang jajanan pasar tahu bulat.

Seperti apa game Tahu Bulat?

Di game ini, Anda akan berperan sebagai pemilik bisnis tahu bulat, lengkap dengan speaker, mobil bak terbuka, dan wajan berukuran besar yang ada di baknya.

Tugas Anda sederhana, cukup menjual tahu bulat dan mengumpulkan uang yang bisa dipakai untuk memperbarui segala peralatan bisnis tersebut. Caranya pun mudah, cukup sentuh bagian atas layar untuk memanggil calon pembeli.

Setiap kali Anda menyentuh layar, akan terdengar rekaman suara penjaja tahu bulat. Lirik rekamannya sedikit berbeda dengan rekaman penjaja tahu bulat di sekitar Bogor. Pembuat game asal Bandung itu memang memberikan sedikit modifikasi.

"Tahu bulat, digoreng di mobi dina katel, dadakan, gurih gurih nyooii...," demikian bunyinya.

Anda bisa mengunduh permainan Tahu Bulat dari Play Store lewat tautan ini.

 

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X