8 Fitur Ponsel yang Kini Menghilang

Kompas.com - 27/05/2016, 20:13 WIB
Ilustrasi aneka telepon genggam Nokia Shutterstock.com/UrbanbuzzIlustrasi aneka telepon genggam Nokia
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Ponsel flip yang bisa dibuka tutup? Perangkat penunjuk trackball yang bisa berputar-putar? Ah, kemana perginya mereka? Fitur-fitur ponsel ini sekarang menghilang bak ditelan bumi.

Tapi bukan itu saja yang lenyap. Para pabrikan ponsel yang senang bereksperimen juga pernah membenamkan berbagai fitur lain di produk andalan masing-masing.

Sebagian terus terpakai hingga sekarang, sebagian lainnya lenyap karena “seleksi alam” di pasaran ponsel dunia.

Sekadar bernostalgia, dari TechRadar, Rabu (25/5/2016), KompasTekno merangkum delapan fitur ponsel jadul yang dulu pernah familiar, tapi kini sudah jarang muncul (atau tidak ada sama sekali). Berikut selengkapnya.

1. Flip Phone

Motorola Ponsel flip pertama, Motorola StarTac
Motorola StarTac yang dirilis pada awal 1996 adalah salah satu ponsel terkeren pada masanya. Perangkat inilah yang pertama kali memperkenalkan konsep flip phone (clamshell) dengan layar dan keypad yang terhubung dengan engsel serta bisa dibuka-tutup.

Apa boleh buat, meski sempat beken hingga tahun-tahun awal abad ke-21, popularitas flip phone kemudian tergeser oleh faktor bentuk candybar QWERTY, kemudian touchscreen di era smartphone.

Baru-baru ini, Motorola, sang pembuat StarTac, merilis sebuah video teaser ponsel baru yang mengajak pemirsa bernostalgia dengan flip phone Mungkinkah hal tersebut merupakan pertanda kebangkitan kembali ponsel lipat?

2. Radio FM


Gadgetoid.com Ilustrasi radio FM
Fitur yang satu ini sudah lama hadir di feature phone, tapi rupanya kurang diminati oleh pengguna sehingga perlahan mulai menghilang dari daftar feature ponsel modern.

Apple tak pernah menyematkan Radio FM di seri ponsel iPhone besutannya. Samsung pun berhenti menyediakan fitur tersebut di lini Galaxy S sejak Galaxy S3 tahun 2012.Meski demikian, masih ada sejumlah model handset penting yang menyediakan FM Radio, misalnya Sony Xperia Z5 dan Huawei Mate 8.

Ponsel-ponsel pun banyak yang menyimpan radio, tapi di non-aktifkan. contohnya adalah Galaxy S7 di wilayah Amerika Serikat yang beberapa waktu lalu tiba-tiba memunculkan fitur tersebut setelah mendapat update software.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Sumber TechRadar
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X