Kompas.com - 30/05/2016, 09:40 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Jumlah unduhan aplikasi pesan instan Line menembus 500 juta download di toko aplikasi Android Play Store. Line kini masuk ke dalam kelompok aplikasi yang diunduh 500 juta hingga 1 miliar kali di Play Store, termasuk di dalamnya adalah Instagram dan Skype.

Capaian 500 juta unduhan itu menurut penelusuran KompasTekno tercapai pada kuartal kedua 2016 ini, seiring dengan update terbaru yang diberikan perusahaan pada 26 Mei lalu.

Update tersebut memungkinkan pengguna menggunakan tanda pagar (tagar) dan me-mention teman dengan menambahkan karakter "@" di depan nama akun yang dituju.

Play Store Jumlah unduhan Line yang kini masuk ke kelompok 500 juta hingga 1 miliar download di Play Store.
Namun demikian, dari sisi jumlah pengguna aktif per bulan, Line masih tertinggal dari Instagram dengan perbandingan keduanya masing-masing adalah 218 juta dan 400 juta berdasar situs Statista per kuartal pertama 2016.

Jika membandingkan dengan aplikasi messaging lain, jumlah pengguna Line sendiri hingga akhir tahun 2015 dikutip KompasTekno dari Android Police, Senin (30/5/2016), lalu telah mencapai 700 juta orang.

Sementara dua kompetitornya, seperti Messenger dan WhatsApp yang keduanya dimiliki oleh Facebook, masing-masing memiliki 900 juta dan 1 miliar pengguna.

Untuk mengejar kedua pesaing tersebut, Line telah menyiapkan sejumlah strategi. Salah satu strategi yang bisa dipakai Line adalah berekspansi ke negara-negara Eropa dan Amerika, mengingat sekarang Line baru populer di Asia saja.

Di ajang Line Conference yang digelar Maret lalu di Jepang, CEO Line, Takeshi Idezawa juga mengatakan Line berambisi menjadi Smart Portal nomor 1 dunia untuk lima tahun ke depan.

Yang dimaksud Smart Portal adalah satu platform yang terdiri dari berbagai fungsi, tidak hanya untuk chatting saja.

Nantinya, Line bakal dilengkapi dengan fitur-fitur yang bisa mengakomodir kebutuhan pengguna, seperti layanan pembayaran Line Pay, layanan berita Line News, dan banyak lagi.

Aplikasi Line sendiri baru-baru ini mendapatkan update fitur layanan berupa panggilan video berkelompok (group voice call) serta kelompok percakapan (group chat) hingga 200 orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.