Kompas.com - 30/05/2016, 12:28 WIB
Motorola A920 dan A925 Phone ArenaMotorola A920 dan A925
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Smartphone pertama yang dibuat oleh Motorola ternyata bukan Android, melainkan menggunakan sistem operasi Symbian, yang kini sudah tidak dipakai lagi.

Motorola meluncurkan smartphone pertama itu dalam dua seri, yaitu A920 dan A925. Tanggal peluncurannya tidak diketahui pasti, namun kedua ponsel tersebut diluncurkan pada awal dan akhir tahun 2003 silam.

Pengguna yang sudah akrab dengan smartphone masa kini akan merasa aneh ketika menggenggam smartphone lawas tersebut.

Layarnya cenderung kecil, dikelilingi dengan banyak tombol, memiliki antena eksternal, serta bodi yang sangat tebal.

Kendati demikian, A920 dan A925 adalah salah satu smartphone tercanggih pada masanya. Kemampuannya komunikasinya sudah didukung teknologi 3G, memiliki kamera depan VGA (208 x 320 piksel) untuk panggilan video, layar sentuh dengan resolusi warna 65k serta pena stylus.

Selain itu, kedua ponsel tersebut memiliki A-GPS serta Bluetooth. Namun Motorola tidak membekalinya dengan koneksi WiFi.

Dari sisi dapur pacu, smartphone perdana Motorola ini dibekali dengan prosesor single core TI OMAP 168 Mhz, memori internal 8 MB dan 12 MB, serta memori SD 32 MB.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bandingkan dengan spesifikasi ponsel Anda sekarang, rasanya terpaut sangat jauh bukan?

Sekadar diketahui, Motorola dulu sempat dikenal sebagia salah satu produsen ponsel terlaris. Sebut saja produk Razr yang bisa terjual hingga jutaan unit setiap hari. Mereka juga termasuk sebagai pelopor Android dengan cara menyematkan sistem operasi tersebut pada ponsel seri Droid.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.