Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Kembali Smartphone Pertama Motorola

Kompas.com - 30/05/2016, 12:28 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Smartphone pertama yang dibuat oleh Motorola ternyata bukan Android, melainkan menggunakan sistem operasi Symbian, yang kini sudah tidak dipakai lagi.

Motorola meluncurkan smartphone pertama itu dalam dua seri, yaitu A920 dan A925. Tanggal peluncurannya tidak diketahui pasti, namun kedua ponsel tersebut diluncurkan pada awal dan akhir tahun 2003 silam.

Pengguna yang sudah akrab dengan smartphone masa kini akan merasa aneh ketika menggenggam smartphone lawas tersebut.

Layarnya cenderung kecil, dikelilingi dengan banyak tombol, memiliki antena eksternal, serta bodi yang sangat tebal.

Kendati demikian, A920 dan A925 adalah salah satu smartphone tercanggih pada masanya. Kemampuannya komunikasinya sudah didukung teknologi 3G, memiliki kamera depan VGA (208 x 320 piksel) untuk panggilan video, layar sentuh dengan resolusi warna 65k serta pena stylus.

Selain itu, kedua ponsel tersebut memiliki A-GPS serta Bluetooth. Namun Motorola tidak membekalinya dengan koneksi WiFi.

Dari sisi dapur pacu, smartphone perdana Motorola ini dibekali dengan prosesor single core TI OMAP 168 Mhz, memori internal 8 MB dan 12 MB, serta memori SD 32 MB.

Bandingkan dengan spesifikasi ponsel Anda sekarang, rasanya terpaut sangat jauh bukan?

Sekadar diketahui, Motorola dulu sempat dikenal sebagia salah satu produsen ponsel terlaris. Sebut saja produk Razr yang bisa terjual hingga jutaan unit setiap hari. Mereka juga termasuk sebagai pelopor Android dengan cara menyematkan sistem operasi tersebut pada ponsel seri Droid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com