Kompas.com - 30/05/2016, 17:41 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Di tengah acara Zenvolution, Computex, Taipei, Asus mengumumkan sesuatu yang sangat berbeda. Mereka bukan mengumumkan smartphone Android baru saja, melainkan juga robot asisten rumah tangga yang bisa diajak bicara.

“Kami punya ambisi untuk menyediakan robot di setiap rumah. Robot ini bisa menjadi asisten, memberi hiburan, hingga menjadi teman Anda,” ujar Chairman Asus Jonney Shih.

Hal paling menarik dari Zenbo adalah fungsi-fungsinya. Jonney menjanjikan robot ini punya fitur yang bisa menghubungkannya dengan berbagai perangkat rumah tangga tradisional atau yang sudah dirancang sebagai perangkat cerdas (smart home).

Misalnya, Anda bisa menghubungkan Zenbo dengan kamera yang ada di pintu depan rumah untuk mengecek tamu yang berkunjung. Bila kunci rumah Anda sudah mendukung fitur komputasi, bisa juga menghubungkannya sehingga kunci tersebut dapat dibuka dengan mengusap wajah robot.

Layaknya tablet PC, wajah robot tersebut memang punya fungsi lain sebagai layar sentuh, seperti melakukan panggilan video, belanja online, serta sebagai wadah menayangkan berbagai video.

Zenbo juga bisa disambungkan ke AC, televisi, hingga berbagai lampu penerangan rumah. Seperti halnya pada kamera, Zenbo juga mampu mengendalikan berbagai alat yang terhubung padanya.

Hal menarik berikutnya adalah Zenbo bisa bergerak atau menjelajah rumah secara independen, dan bisa menerima perintah suara.

Seperti dilansir KompasTekno dari Engadget, Senin (30/5/2016), robot buatan Asus ini masih dalam pengembangan. Orang-orang mungkin masih perlu berpikir panjang sebelum memutuskan membeli dan memahami kegunaan Zenbo atau Pepper.

Saat ini Asus sedang mempromosikan Zenbo untuk para developer. Tujuannya agar makin banyak aplikasi pendukung yang dibuat. Asus membanderol robot tersebut dengan harga 599 dollar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 8,1 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ENGADGET

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.