Kompas.com - 31/05/2016, 08:05 WIB
Android Neyyappam digadang-gadang bakal jadi kandidat kuat nama sistem operasi teranyar Google. Android NeyyappamAndroid Neyyappam digadang-gadang bakal jadi kandidat kuat nama sistem operasi teranyar Google.
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com — Google belum memutuskan nama resmi untuk sistem operasi Android N teranyar. Raksasa mesin pencari tersebut masih menghimpun masukan dari masyarakat luas hingga 8 Juni mendatang.

Kendati demikian, kandidat kuat kepanjangan "N" sudah terendus. Di Twitter, warga maya ramai menyebut "Neyyappam", sebagaimana dipantau KompasTekno, Selasa (31/5/2016).

Mungkin nama tersebut tak familiar di telinga Anda. Namun, selentingan kabar menyebut Neyyappam saat ini paling banyak diajukan lewat situs resmi penghimpun nama Android N.

Hal ini diduga kuat sebagai bentuk kekompakan masyarakat India. Mereka disebut-sebut paling semangat mengajukan nama Neyyappam ke Google.

Neyyappam sejatinya adalah camilan khas India. Sepintas, bentuknya mirip kue cucur. Selain di India, camilan tersebut juga populer di daerah Tamil Nadu dan Sri Lanka.

Nama Android Neyyappam sendiri telah memiliki akun khusus di Twitter dan Facebook. Tak cuma itu, ada juga situs untuk mengarahkan masyarakat memilih Neyyappam sebagai singkatan "N" dari Android N.

Walau menjadi kandidat kuat, Neyyappam belum tentu dipilih sebagai nama sistem operasi Google terbaru. Pengajuan nama masih terus bergulir hingga lebih kurang sepekan ke depan.

Lagi pula, ada beberapa nama lain yang juga banyak diajukan, antara lain Nectarines, Nachos, Navy Bean, dan Nutella.

Nama-nama resmi Android sendiri selama ini selalu terkait dengan makan ringan atau camilan manis, yakni Cupcake (1.5), Donut (1.6), Eclair (2.0-2.1), Froyo (2.2-2.2.3), Gingerbread (2.3-2.3.7), Honeycomb (3.0-3.2.6), Ice Cream Sandwich (4.0-4.0.4), Jelly Bean (4.1-4.3), KitKat (4.4), Lollipop (5.0), dan Marshmallow (6.0).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.