Kompas.com - 31/05/2016, 15:22 WIB
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lenovo mulai serius menggarap segmen PC gaming di Indonesia. Vendor asal China itu melihat potensi pasar di segmen tersebut di Indonesia masih tinggi. Karena itu, Lenovo mulai menyiapkan deretan PC gaming untuk pasar Indonesia.

"Dua hingga tiga tahun lalu Lenovo global melihat Indonesia sebagai pasar gaming yang berkembang, mulai saat itu kami mulai investasi untuk produk-produk gaming di Indonesia," kata Christy Candlestine Susastra, Product Marketing Manager Lenovo Indonesia di acara jumpa media di Jakarta, Selasa (31/5/2016).

Di Indonesia, Lenovo terjun ke pasar gaming dengan konsentrasi pada segmen pasar premium. "Target market kami adalah generation-x gamers, millenial gamers, mahasiswa, serta first jobber," kata Christy.

Reska K. Nistanto/Kompas.com Christy Candlestine Susastra, Product Marketing Manager Lenovo Indonesia.

Pada segmen PC gaming premium ini, Lenovo mengklaim bisnisnya tumbuh 2,9 persen di kuartal pertama 2016 lalu. Angka tersebut berada 22,9 poin di atas rata-rata pasar.

Sementara dari sisi pangsa pasar, Christy mengklaim di segmen premium bisnis PC gaming Lenovo pada kuartal pertama 2016 lalu di Indonesia mencapai sekitar 19 persen. Namun Christy menolak untuk menyebutkan nilai dan jumlah unitnya.

Bisnis PC Lenovo, yang terdiri dari PC desktop dan laptop, sendiri secara keseluruhan di Indonesia tumbuh 1,3 persen di kuartal pertama 2016 jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Angka tersebut diklaim Lenovo lebih tinggi 6,7 poin di atas rata-rata pertumbuhan pasar.

Sementara Felix Tanuwihardja selaku Consumer Product Lead Lenovo Indonesia mengatakan, pangsa pasar game e-sport di Indonesia dinilai masih potensial bagi Lenovo.

"Kami memiliki berbagai seri untuk memaksimalkan pasar itu. Kami memang pemula di segmen ini namun kami ingin menjadi yang terdepan," kata Felix.

Lenovo saat ini memiliki dua seri laptop gaming unggulan yang beredar di pasar Indonesia, yaitu Lenovo IdeaPad 700 yang ditujukan bagi kalangan mahasiswa dan first jobber.

Laptop ini memiliki ketebalan hanya 2 cm dan bobot sekitar 2 kg dan dilengkapi dengan memori DDR4. IdeaPad 700 dijual dengan harga sekitar Rp 13,99 juta.

Selain itu, ada pula seri Lenovo Y700 yang dikhususkan untuk profesional atau yang membutuhkan performa lebih. Laptop ini juga menjadi salah satu laptop pertama yang mengusung kamera dengan teknologi Intel RealSense.

Y700 menggunakan bodi berbahan logam aluminum sehinga diklaim memiliki distribusi panas yang merata. IdeaPad Y700 dibanderol harga Rp 16,599 juta - Rp 20,799 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.