Ambisi Dell Rajai Pasar Laptop "2-in-1"

Kompas.com - 01/06/2016, 13:11 WIB
Ray Wah, Vice President Dell Consumer Product Marketing, saat ditemui di Taipei, Taiwan, Selasa (31/5/2016). Deliusno/KOMPAS.comRay Wah, Vice President Dell Consumer Product Marketing, saat ditemui di Taipei, Taiwan, Selasa (31/5/2016).
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

TAIPEI, KOMPAS.com - Oleh para pengamat dan analis, pasar PC dunia saat ini dikatakan sedang stagnan, bahkan cenderung mengalami penurunan dari tahun ke tahun.

Hal itu pun disadari oleh raksasa komputer asal Amerika Serikat, Dell. Menyikapi tantangan tersebut, Dell mengaku tidak terlalu khawatir. Pihaknya menyatakan telah menyiapkan beberapa strategi untuk tetap bertahan di bisnis ini. Salah satunya dengan membanjiri pasar dengan laptop hybrid 2-in-1, laptop yang sekaligus bisa menjadi tablet PC.

Vice President Dell Consumer Product Marketing Ray Wah mengungkap sejumlah data yang dikutipnya dari International Data Corporation. Ia menjelaskan, di periode kuartal pertama tahun 2016, penjualan PC global mengalami penurunan sebesar 11 persen dibandingkan tahun lalu.

Uniknya, pasar laptop 2-in-1 malah tumbuh pesat, yakni 26 persen. Artinya, perangkat laptop yang juga bisa difungsikan sebagai tablet itu memang sedang naik daun.

"Saat ini, mulai banyak orang yang menyadari bahwa laptop 2-in-1 menawarkan banyak fungsi," tutur Ray kepada sejumlah media asal Indonesia, termasuk reporter KompasTekno, Deliusno, di Taipei, Taiwan, Selasa (31/5/2016).

Deliusno/KOMPAS.com Dell Inspiron 17 7000 2-in-1 dalam mode tablet.
Dell pun sangat serius menggarap pasar laptop 2-in-1 ini. Hal itu terungkap dari pernyataan Ray yang mengatakan Dell ingin menjadi raja di segmen tersebut.

"Kami senang merilis laptop 2-in-1 ukuran layar 17 inci pertama dunia. Kami juga merilis 5 laptop 2-in-1 lain. Laptop 2-in-1 akan menjadi kategori yang akan kami menangkan," tegas Ray.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam sebuah acara di Taipei, Taiwan, Dell merilis berbagai produk laptop 2-in-1 baru. Perangkat yang paling menarik perhatian adalah Inspiron 17 7000 2-in-1. Perangkat ini memiliki layar berukuran 17 inci dengan resolusi Full HD.

Selain itu, Inspiron 7000 juga bakal hadir dalam bentang layar 13 inci dan 15 inci. Laptop ini merupakan seri paling high-end yang dimiliki Dell di kategori 2-in-1.

Seri lainnya, yang mengisi segmen kelas entry dan menengah adalah Inspiron 3000 (11,6 inci) dan Inspiron 5000 (13 dan 15 inci). Semua model tersebut akan masuk ke Indonesia dalam waktu dekat. Hanya saja, belum diketahui varian ukuran layar mana saja yang akan dihadirkan oleh Dell.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.