AMD Pamerkan Prosesor Masa Depan "Zen"

Kompas.com - 01/06/2016, 17:11 WIB
Presiden dan CEO AMD Lisa Su memamerkan Summit Ridge, prosesor desktop berbasis arsitektur Zen, dalam acara di Taipei, Taiwan, Rabu (1/6/2016) AMDPresiden dan CEO AMD Lisa Su memamerkan Summit Ridge, prosesor desktop berbasis arsitektur Zen, dalam acara di Taipei, Taiwan, Rabu (1/6/2016)
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Di penghujung acara pengumuman Radeon RX 480 dan APU generasi ke-7 di Taipei, Taiwan, Rabu (1/6/2016), AMD turut memperkenalkan arsitektur prosesor masa depannya yang berjulukan “Zen”.

Presiden dan CEO AMD Lisa Su memamerkan unit enginering sample dari Summit Ridge (prosesor desktop berbasis arsitektur Zen)  dalam penampilan perdana Zen di hadapan publik.

“Produk ini (Summit Ridge) memiliki 8 core dan 16 thread, serta dibangun dengan teknologi FinFET,” uajr Su seraya menunjukkan prosesor tersebut dalam genggaman jarinya.

Su mengklaim bahwa Zen memiliki performa 40 persen lebih tinggi dari produk terdahulu, Excavator, dalam hal kinerja Instructions Per Clock (IPC).

Dia juga menerangkan bahwa Zen yang akan pertama kali hadir dalam bentuk prosesor desktop Summit Ridge bakal menggunakan kemasan socket AM4 untuk pengguna enthusiast.

AMD Produk prosesor berbasis Zen akan mengisi segmen-segmen pasar berbeda, yakni desktop, notebook, server, dan embedded devices

Meski dijadwalkan hadir perdana untuk PC, Zen tidak akan terpaku pada satu jenis produk ataupun satu jenis segmen saja karena AMD berencana turut memperluas cakupan Zen ke kategori lain seperti server, notebook, hingga embedded devices.

“Kami juga akan memasangkan Zen dengan grafis next-gen di APU berikutnya. Setelah Bristol Ridge, Anda akan melihat APU dengan Zen dan GPU berikutnya dari kami,” tambah Su.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tanggal pasti untuk kemunculan Zen masih belum dipastikan. Su hanya mengatakan bahwa AMD akan mulai mengirim unit contoh ke sejumlah rekanan terpilih dalam beberapa minggu ke depan, sementara samping dengan skala lebih besar baru akan dilakukan pada kuartal ketiga tahun ini.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X