Kompas.com - 02/06/2016, 10:33 WIB
Media sosial Steller yang memadukan rentetan foto dan video dalam satu postingan mulai digandrungi di Indonesia. steller.coMedia sosial Steller yang memadukan rentetan foto dan video dalam satu postingan mulai digandrungi di Indonesia.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Steller adalah jejaring sosial baru yang tengah naik daun di Indonesia. Dibanding jejaring sosial lain, seperti Facebook, Instagram, atau Twitter, Steller memiliki keunikan dengan memfokuskan diri sebagai medium bercerita.

Pengguna bisa mengunggah posting berupa cerita (stories) dalam bentuk serupa “buku” dengan banyak halaman yang bisa dibolak-balik.

Isinya tak hanya teks atau foto, tetapi juga bisa memuat video sehingga menambah kelengkapan dalam berkisah. Meski menarik dan bisa menjadi ajang unjuk keterampilan dan bakat berkreasi, tak semua orang bisa langsung bercerita melalui Steller, terutama pengguna pemula yang masih kurang percaya diri.

Bagaimana caranya supaya dapat berkisah dengan lancar? Kurator Steller Indonesia, Dita Wistarini Yolashanti, berbagi sejumlah tips. Berikut ini selengkapnya.

1. Manfaatkan template

Seperti blog, Steller bisa digunakan untuk berbagi aneka jenis cerita, mulai dari kisah traveling, foto-foto, hingga resep makanan.

Untuk memudahkan pengguna, Steller menyediakan sejumlah template layout dan desain siap pakai. “Jadi kita bisa dengan gampang memasukkan foto, video, dan teks dalam template yang sudah tersedia,” kata Dita dalam korespondensi dengan KompasTekno.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebuah post pun tidak harus panjang, tapi bisa berupa potongan-potongan teks yang dapat disiapkan dengan cepat.

2. Jangan takut dibilang jelek

Karya di Steller tak harus dibuat dengan berpatokan ke hasil posting orang lain. Dita justru menyarankan agar pengguna menyingkirkan jauh-jauh rasa takut dicemooh atau diejek.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.